Aplikasi teknik token ekonomi dengan terapi murottal al-qur’an untuk mengatasi kecanduan sosial media tiktok pada remaja di Desa Wonokalang Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ahyun, Annisa Kurrota (2023) Aplikasi teknik token ekonomi dengan terapi murottal al-qur’an untuk mengatasi kecanduan sosial media tiktok pada remaja di Desa Wonokalang Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Annisa Kurrota Ahyun_B03219009 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Annisa Kurrota Ahyun_B03219009 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 May 2027.

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian ini pada penurunan kecanduan sosial media TikTok pada remaja umur 12tahun dengan teknik token ekonomi dengan terapi Al-Quran, untuk mengatasi permasalahan dampak dari kecanduan TikTok, seperti mengalami malas belajar, sering terlambat kesekolah, merasa gelisaha, dan tidak dapat lepas dari HP. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis metode deskriptif kualitatif. Metode ini menggunakan pencarian data berupa obsrvasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di desa Wonokalang Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa proses konseling dengan aplikasi token ekonomi dengan murottal Al-Quran untuk mengatasi kecanduan sosial media TikTok pada remaja, dari hasil penelitian ini memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi, keberhasilan penelitian ini dapat dilihat dari tingkat penggunaan sosial media TikTok konseli yang menurun, konseli sudah tidak lagi terlambat sekolah, konseli rajin belajar, dan konseli sudah tidak lagi gelisah dan melamun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ahyun, Annisa Kurrotaannisakurrotahyun@gmail.comB03219009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBasyid, Abdul--2001096001
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Token Ekonomi; Murottal Al-Quran; kecanduan sosial media TikTok
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Annisa Ahyun
Date Deposited: 02 May 2024 04:14
Last Modified: 02 May 2024 04:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69876

Actions (login required)

View Item View Item