Pembelajaran kewirausahaan berjati diri Islam: studi kasus di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfian, Zaki Gufron (2020) Pembelajaran kewirausahaan berjati diri Islam: studi kasus di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zaki Gufron Alfian_F52917027 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 May 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Zaki Gufron Alfian_F52917027.pdf

Download (2MB)

Abstract

Saat ini, pembahasan tentang kewirausahaan di Indonesia sudah merambah ke semua lini pendidikan. Hampir seluruh jenjang pendidikan di Indonesia telah mengaplikasikan kurikulum kewirausahaan termasuk perguruan tinggi. Berbagai upaya telah dilakukan termasuk mengembangakan model-model pembelajaran kewirausahaan ke arah yang semakin inovatif. Model pembelajaran dengan menerapkan nilai-nilai Islami pun tidak luput, seperti yang dilakukan oleh Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Sebuah perguruan tinggi non Islam namun menerapkan mengeklaim menerapkan pembelajaran kewirausahaan berjati diri Islam. Dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus penelitian ini akan berfokus pada (1) Konsep pembelajaran kewirausahaan berjati diri Islam di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. (2) Proses pembelajaran kewirausahaan berjati diri Islam di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya dan (3) Implikasi pembelajaran kewirausahaan berjati diri Islam di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Penelitian menggunakan konsep istikhlaf yang dikemukakan ulama kontemporer Yusuf Qardawi untuk menganalisa temuan-temuan dan didukung teori pembelajaran, teori pembelajaran kewirausahaan dan konsep kewirausahaan Islam. Penelitian ini menghasilkan penemuan bahwa Konsep pembelajaran kewirausahaan berjati diri Islam di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya pada hakikatnya adalah sebagai materi pembelajaran atau mata kuliah yang berorientasi pada pada ekonomi Ilahiyah dan prinsip-prinsip ekonomi Islam (tauhid, khalifah dan ‘adl). Sedangkan Proses pembelajaran kewirausahaan berjati diri Islami Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya melalui 5 fase yaitu perencanaan, penyampaian teori, praktek pembelajaran, implementasi bisnis dan evaluasi berkelanjutan. Adanya Pembelajaran kewirausahaan berjati diri Islam di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya berimplikasi pada karakter atau jati diri peserta didik untuk memjadi wirausahawan Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfian, Zaki Gufronzyggu.09@gmail.comF52917027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuis, Suissuisabdullah@yahoo.com2001016202
Thesis advisorAziz, Husein-2003015601
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Wirausaha
Keywords: Kewirausahaan; pembelajaran kewirausahaan; wirausahawan Islam
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Alfian Zaki Gufron
Date Deposited: 06 May 2024 02:46
Last Modified: 15 May 2024 06:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69891

Actions (login required)

View Item View Item