Komunikasi interpersonal orang tua terhadap anak tuna grahita dalam menanamkan nilai ibadah salat di desa Banjarkemantren Buduran Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Vevilia Aminatus (2023) Komunikasi interpersonal orang tua terhadap anak tuna grahita dalam menanamkan nilai ibadah salat di desa Banjarkemantren Buduran Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vevilia Aminatus Sholihah_B91219133.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Vevilia Aminatus Sholihah_B91219133_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 May 2027.

Download (2MB)

Abstract

VeviliaAminatusSholihah,NIMB9129133,2023.Komunikasi Interpersonal Orang Tua Terhadap Anak Tuna Grahita Dalam Menanamkan Nilai Ibadah Salat Di Desa Banjarkematren Buduran Sidoarjo. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pola kalimat orang tua saat komunikasi dengan anak tuna grahita dalam menanamkan nilai ibadah salat dan bagaimana gestur orang tua terhadap anak tuna grahita dalam menanamkan nilai ibadah salat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1)dalam berkomunikasi verbal orangtua menggunakan pilihan kata yang sederhana dengan tatanan satu klausa, disamping itu juga menggunakan susunan kalimat singkat. 2) Pada penggunaan gestur dalam berkomunikasi, orang tua menggunakan gestur illustrator. Dimana gestur yang merupakan bentuk komunikasi non verbal ini menggunakan gerakan- gerakan tubuh untuk menjelaskan dan menunjukkan tentang pelajaran salat dan nilai-nilai salat terhadap anak tuna grahita. Contohnya dalam hal mengajarkan gerakan wudhu dimana orang tua mencontohkannya secara langsung. Penelitian ini merekomendasikan penggunakan komunikasi yang baik dalam memberikan pengajaran kepada anak tuna grahita, terutama dalam mengajarkan salat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, Vevilia Aminatusveviliaaminatus16@gmail.comB91219133
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyakur, Abdakurasakur66@gmail.com2004076603
Subjects: Komunikasi Dalam Islam
Keywords: Komunikasi interpersonal; tuna grahita; salat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Vevilia Aminatus Sholihah
Date Deposited: 06 May 2024 06:19
Last Modified: 06 May 2024 06:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69898

Actions (login required)

View Item View Item