Upaya peningkatan kesehatan terhadap masyarakat penderita penyakit Degeneratif melalui posyandu lansia di Dusun Ringinrejo Desa Gondanglegi Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aulia, Salsa Billa (2023) Upaya peningkatan kesehatan terhadap masyarakat penderita penyakit Degeneratif melalui posyandu lansia di Dusun Ringinrejo Desa Gondanglegi Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salsa Billa Aulia_B72219072 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Salsa Billa Aulia_B72219072 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 May 2027.

Download (2MB)

Abstract

Pengorganisasian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan melalui langkah-langkah promotif dan preventif untuk mengatasi peningkatan penyakit di Dusun Ringinrejo. Adapun fokus masalah yang dirumuskan diantaranya: 1) Bagaimana situasi kesehatan masyarakat dilihat dari banyaknya penderita penyakit degeneratif di Dusun Ringinrejo Desa Gondanglegi Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk, 2) Bagaimana strategi yang dilakukan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat yang menderita penyakit degeneratif di Dusun Ringinrejo Desa Gondanglegi Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk?, 3) Bagaimana hasil dari proses peningkatan kesehatan masyarakat penderita penyakit degeneratif di Dusun Ringinrejo Desa Gondanglegi Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini mengadopsi pendekatan metode Penelitian Tindakan Partisipatif (PAR). Metode PAR (Participatory Action Research) dirancang untuk merumuskan perubahan melalui prosesnya. Tahapan awal melibatkan pembangunan kepercayaan di masyarakat, diikuti dengan penentuan strategi bersama masyarakat dan pemimpin lokal dalam langkah kedua, serta langkah ketiga yang melibatkan pembentukan kesepakatan bersama masyarakat untuk mewujudkan perencanaan aksi. Strategi pengorganisasian yang digunakan adalah 1) Melakukan penyadaran melalui Edukasi kesehatan bagi masyarakat penderita penyakit degeneratif dan juga masyarakat yang berisiko terkena penyakit berisiko, 2) Praktek mengenai pengan sehat bersama masyarakat penderita penyakit degeneratif dan juga masyarakat yang berisiko terkena penyakit berisiko., 3) Program Tanam TOGA bagi masyarakat Dusun Ringinrejo untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan agar penyakit dan angka kematian bisa berkurang. Hasil pengorganisasian dapat dilihat melalui adanya perubahan di masyarakat, diantaranya: 1) Masyarakat memiliki pemahaman dan menerapkan pola hidup sehat pada tatanan keluarga, 2) Masyarakat memiliki ilmu pengetahuan dan kemampuan untuk mengolah pangan sehat untuk meningkatkan kesehatan mereka 3) dan masyarakat memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk menanam TOGA dirumah mereka sendiri sehingga memungkinkan mereka untuk hidup sehat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aulia, Salsa Billasalsabilla.aulia45@yahoo.comB72219072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, PudjiRahmawatipudji@yahoo.co.id2025036703
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Keluarga
Masyarakat Islam
Pemberdayaan
Keywords: Pengorganisasian; Kesehatan; Keluarga; Penyakit.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Salsa Billa Aulia
Date Deposited: 06 May 2024 02:57
Last Modified: 06 May 2024 02:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69905

Actions (login required)

View Item View Item