Peran kenaikan upah dan pemberian insentif terhadap kinerja karyawan perspektif ekonomi Islam: studi kasus Usaha Pancong Lumer Atung Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aprilia, Elza Dwi (2023) Peran kenaikan upah dan pemberian insentif terhadap kinerja karyawan perspektif ekonomi Islam: studi kasus Usaha Pancong Lumer Atung Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elza Dwi Aprilia_08040420114.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Elza Dwi Aprilia_08040420114_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2027.

Download (5MB)

Abstract

Kinerja adalah hasil dari kerja yang dilakukan secara kualitas serta kuantitas oleh seorang karyawan saat menjalankan perannya sesuai dengan tanggung jawab yang telah diberikan. Kenaikan upah dan pemberian insentif dalam hal tersebut memiliki peran penting dalam menunjang kinerja karyawan. Dalam melaksanakan kerjanya, karyawan akan menerima upah atau imbalan yang diberikan oleh perusahaannya berdasarkan hasil kerja yang sudah dilakukan. Oleh karenanya perusahaan memberikan adanya kenaikan upah dan pemberian insentif agar tujuan tersebut dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kenaikan upah dan pemberian insentif di Usaha Pancong Lumer Atung Surabaya dan penerapan kenaikan upah dan pemberian insentif perspektif ekonomi Islam serta perannya terhadap kinerja karyawan di Usaha Pancong Lumer Atung Surabaya dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat field research (lapangan). Data yang digunakan berupa data primer dan sekunder yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yaitu dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Kenaikan upah di Usaha Pancong Lumer Atung Surabaya sebesar Rp 37.000 – Rp 40.000 dan pemberian insentif berupa bonus tunai Rp 100.000 dan THR lebaran Rp 200.000 serta makanan ringan (sembako, sirup, biskuit), (2) Pada Usaha Pancong Lumer Atung Surabaya sudah menerapkan kenaikan upah dan pemberian insentif perspektif ekonomi Islam yaitu kenaikan upah yang adil tetapi belum sepenuhnya layak serta pemberian insentif berbasis jû’alah, (3) Kenaikan upah yang diterapkan kurang berperan terhadap kinerja karyawan, sedangkan pemberian insentif sudah berperan karena jumlahnya yang lebih menguntungkan dilihat dari indikator kerja karyawan. Penelitian ini diharapkan agar pemilik usaha dapat memperhatikan lagi mengenai pemberian kenaikan upah dan insentif terhadap para karyawan, sehingga dapat meningkatkan kinerjanya dan bagi pemberian upah di Usaha Pancong Lumer Atung Surabaya untuk karyawan dapat diberikan jumlahnya sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan, agar karyawan bisa merasa terpenuhi haknya secara layak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aprilia, Elza Dwielzaaprilia2904@gmail.com08040420114
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Abdulhakim_ekis@yahoo.co.id2004087004
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Kenaikann upah; pemberiann insentif; kinerjaa karyawan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Elza Dwi Aprilia
Date Deposited: 04 May 2024 02:17
Last Modified: 04 May 2024 02:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69923

Actions (login required)

View Item View Item