Tinjauan yuridis terhadap tindak pidana perjudian dalam balap liar di Indonesia: studi kasus di Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmatullah, Nizar (2024) Tinjauan yuridis terhadap tindak pidana perjudian dalam balap liar di Indonesia: studi kasus di Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nizar Rahmatullah_C07219010.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nizar Rahmatullah_C07219010_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2027.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Tindak Pidana Perjudian Dalam Balap Liar Di Indonesia (Studi Kasus di Kabupaten Sidoarjo)”, merupakan penelitian yang berfokus pada pelaksanaan atau praktik perjudian dalam balap liar yang terjadi di Kabupaten Sidoarjo yang menjadi objek penelitian. Skripsi ini bertujuan, pertama, untuk mengetahui bagaimana praktik perjudian dalam balap liar di Kabupaten Sidoarjo terjadi mulai dari perkembangannya, jenis perjudian, dan mekanisme perjudian dalam balap liar. Kedua, untuk mengetahui bagaimana hukum positif Indonesia memandang tindak pidana perjudian dalam balap liar ini. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yuridis empiris yang menghasilkan data sesuai fakta-fakta yang terjadi di lapangan, dengan pendekatan perundang-undangan yang dilakukan dengan cara menganalisis peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan isu hukum yang diteliti. Teknik pengumpulan data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara yang didapatkan secara langsung dari pihak-pihak yang berkaitan di Kabupaten Sidoarjo, dan data sekunder yang diperoleh dari peraturan perundang-undangan, studi kepustakaan, dan dokumen-dokumen lainnya. Analisis penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan sesuai dengan yang terjadi dilapangan untuk memperoleh informasi tentang subjek dan objek yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama perjudian dalam balap liar di Kabupaten Sidoarjo telah ada sejak sekitar tahun 1980-an dengan mekanisme yang cukup kompleks, mulai dari menacari lawan, dibuatnya perjanjian, hingga terjadinya balapan dengan berbagai pihak yang turut terlibat didalamnya, seperti kedua belah pihak yang dalam hal ini adalah bengkel, penonton dan pihak ketiga seperti pengacara, juri garis start dan juri garis finish. Kedua, praktik perjudian dalam balap liar di Kabupaten Sidoarjo tekah memenuhi unsur sebagai tindak pidana perjudian menurut Pasal 426 dan 427 UU No. 1 Tahun 2023 (KUHP) dengan ancaman hukum pidana penjara paling lama 9 tahun dan pidana denda sebanyak-banyaknya denda kategori VI, namun penegakan hukum terhadap kasus ini masih terkendala oleh sulitnya menjangkau pelaku serta pendapat masyarakat yang masih mentolerir keberadaan balap liar. Sejalan dengan kesimpulan diatas, penulis menyarankan kepada pemerintah dan para pihak berwajib yang berwenang untuk meningkatkan upaya pencegahan dan penindakan terhadap balap liar dan perjudian yang menyertainya agar tindak pidana ini tidak semakin marak terjadi di Indonesia khususnya di Kabupaten Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmatullah, Nizarnizaroioi99@gmail.comC07219010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWijaya, Arifrifjaya2@gmail.com2019077101
Subjects: Hukum
Keywords: Perjudian; balap liar
Depositing User: Nizar Rahmatullah
Date Deposited: 04 May 2024 02:33
Last Modified: 04 May 2024 02:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69924

Actions (login required)

View Item View Item