Implementasi peraturan daerah nomor 03 tahun 2016 dalam bidang pelayanan persampahan/kebersihan di Kabupaten Enrekang ditinjau dari fiqh siyasah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saskia K, Novita (2020) Implementasi peraturan daerah nomor 03 tahun 2016 dalam bidang pelayanan persampahan/kebersihan di Kabupaten Enrekang ditinjau dari fiqh siyasah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novita Saskia K_C95216081.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Novita Saskia K_C95216081_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2027.

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian yuridis empiris dengan judul “Implementasi Peraturan Daerah Nomor 03 Tahun 2016 dalam Bidang Pelayanan Persampahan/Kebersihan di Kabupaten Enrekang Ditinjau dari Fiqh Siyasah”. Skripsi ini ditulis untuk menjawab pertanyaan yang dituangkan ke dalam rumusan masalah yaitu : (1) Bagaimanakah Analisis Terhadap Implementasi Peraturan Daerah Nomor 03 Tahun 2016 Tentang Retribusi Jasa Umum dalam bidang Pelayanan Persampahan/Kebersihan di Kabupaten Enrekang, serta (2) Bagaimanakah Tinjauan Fiqh Siyasah Dusturiyah terhadap Implementasi Peraturan Daerah Nomor 03 Tahun 2016 Tentang Retribusi Jasa Umum dalam bidang Pelayanan Persampahan/Kebersihan di Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian lapangan (Field Research). Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yang selanjutnya akan di susun secara sistematis sehingga menjadi data yang kongkrit. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi yaitu terjun langsung ke lapangan untuk mendapatkan informasi sebagai suatu fakta hukum yang dibutuhkan, dengan menggunakan pendekatan wawancara dari narasumber-narasumber yang dibutuhkan, kemudian dokumentasi untuk memperkuat hasil penelitian ini atau bisa menjadi bukti bahwa penelitian ini benar-benar ada, serta referensi lainnya yang erat kaitannya dan saling berhubungan dengan permasalahan yang akan dibahas seperti hasil analisis UUD 1945, berbagai peraturan perundang-undangan, referensi-referensi (buku, jurnal, dan sumber lainnya). Selanjutnya data tersebut diolah dan dianalisis menggunakan teori hukum Islam, yaitu Siyasah Dusturiyah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Implementasi Retribusi Pelayanan Persampahan/Kebersihan di Kabupaten Enrekang belum efektif hal ini dikarenakan yang : Pertama, dari faktor hukum, Perda yang mengatur Retribusi terkait Pelayanan Persampahan/Kebersihan di Kabupaten Enrekang memiliki beberapa kekurangan. Kedua, Faktor Penegak Hukum, Lemahnya koordinasi dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Enrekang ke masyarakat. Ketiga, Faktor Sarana dan Fasilitas Pendukung, terbatasnya truk pengangkut sampah, terbatasnya bak sampah, terbatasnya TPS (Tempat Pembuangan Akhir), jarak TPA (Tempat Pembuangan Akhir) yang jauh. Keempat, Faktor masyarakat, kurangnya kesadaran masyarakat seperti masih banyaknya masyarakat yang membuang sampah sembarangan seperti di lahan kosong, pinggir jalan, sungai, dan lain sebagainya. Jika ditinjau menurut Fiqh Siyasah Dusturiyah, pelayanan publik oleh dinas lingkungan hidup kabupaten Enrekang kepada masyarakat dengan tujuan untuk kemaslahatan umat, belum dikatakan baik. Dalam hal ini, ada hak-hak masyarakat yang melekat pada umat dan wajib dilindungi, seperti umat berhak mendapatkan lingkungan hidup yang sehat dan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saskia K, Novitanhovytasaskia@gmail.comC95216081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadhifah, Nurul Asiyaifa_nadhifah@yahoo.com2023047501
Subjects: Kebersihan
Fikih > Fikih Siyasah
Hukum > Hukum Tata Negara
Keywords: Retribusi daerah; pelayanan persampahan/kebersihan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: S.H Novita Saskia K
Date Deposited: 04 May 2024 02:37
Last Modified: 04 May 2024 02:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69927

Actions (login required)

View Item View Item