Counter terhadap klaim Islam radikal pada film five minarets in new york

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hariani, Nurul (2023) Counter terhadap klaim Islam radikal pada film five minarets in new york. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Sirabaya.

[img] Text
Nurul Hariani_02040721015 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 May 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Nurul Hariani_02040721015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara kritis counter terhadap bentuk-bentuk klaim Islam Radikal pada film Five Minarets in New York. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tekstual dengan metode deskriptif, teknik analisis semiotika model Barthes serta teori Realisme milik Thucydides. Hasil Penelitian ini menunjukkan beberapa hal yakni pertama, makna secara denotasi, menunjukkan bahwa aksi terorisme dan kekerasan tidak sesuai dengan nilai-nilai Islam yang sebenarnya, serta bahwa para tokoh Muslim moderat yang mempromosikan kedamaian dan toleransi harus didukung. Kedua, makna konotasi menunjukkan bahwa simbol-simbol keagamaan tidak selalu identik dengan tindakan radikal atau ekstremis dan bahwa ajaran Islam moderat lebih mendorong kepada kebaikan, kedamaian, dan toleransi. Ketiga, film ini mencoba menunjukkan beberapa mitos seperti Mitos Teroris. Mitos Kesetiaan, Mitos Kebebasan dan Mitos Ketakutan. Keempat, berdasarkan pengamatan struktur Makro Sosial dapat diidentifikasi beberapa aspek yaitu perbedaan agama dan budaya, konflik antar-budaya, persoalan politik, dan ketidakadilan sosial. Secara keseluruhan analisa makro-sosial pada Film menunjukkan bagaimana keyakinan agama dapat digunakan sebagai alat meraih kekuasaan dan menjustifikasi tindakan kekerasan. disamping itu juga ada orangorang yang berjuang untuk menentang pandangan-pandangan radikal dengan cara dinilai efektif dan menghindari kekerasan. Kelima, berhubungan dengan teori Realisme milik Thucydides dalam konteks Counter terhadap klaim Islam Radikal mencoba untuk mengatasi masalah konflik antara Barat dan Islam dengan cara yang realistis dan efektif, seperti dengan membawa pemahaman yang lebih baik mengenai agama dan usaha menentang ideologi radikal secara tegas misalnya melalui pemanfaatan media film.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hariani, Nurulnurulhariani39@gmail.com02040721015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Moh. Aliali.aziz@uinsby.ac.id2009065701
Thesis advisorHuda, Sokhisokhi.huda@uinsby.ac.id2128016701
Subjects: Islam dan Humanisme
Komunikasi
Penyiaran Islam
Keywords: Counter; Islam radikal; semiotika; realisme; muslim moderat; moderasi beragama
Depositing User: Nurul Hariani
Date Deposited: 14 May 2024 02:53
Last Modified: 14 May 2024 02:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69974

Actions (login required)

View Item View Item