Analisis penerapan etika bisnis islam di butik Beescarf Sidoarjo perspektif Imam al Ghazali

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safina, Arini Putri (2024) Analisis penerapan etika bisnis islam di butik Beescarf Sidoarjo perspektif Imam al Ghazali. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arini Putri Safina_08040420103.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Arini Putri Safina_08040420103_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 May 2027.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji penerapan etika bisnis Islam di butik Beescraf Sidoarjo dengan menggunakan pendekatan dari aspek etika bisnis perspektif al-Ghazali. Isu etika bisnis nampaknya selalu berkembang dan seharusnya diimbangi dengan norma-norma yang sesuai dengan ajaran Islam. Beberapa permasalahan yang muncul dalam penelitian ini mencakup ketidakrapihan jahitan dalam produk dan kesalahan dalam memeberikan ukuran produk oleh butik Beescarf yang dianggap tidak memenuhi etika bisnis Islam. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan etika bisnis Islam di butik Beescarf Sidoarjo dan untuk mengetahui analisis etika bisnis islam pada butik Beescarf Sidoarjo perspektif imam al-Ghazali. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengamati proses pengelolaan bisnis dan pemasaran pada butik Beescarf, untuk mengetahui penerapan etika bisnis Islam. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa butik Beescarf menerapkan beberapa aspek etika bisnis Islam yang diterapkan dalam butik berbuat baik tanpa memaksa saat menagih hutang, berbuat baik saat membayar hutang, dan menjual kepada orang yang membutuhkan dengan memberi harga yang bisa dibeli oleh pelanggan yang membutuhkan. Kemudian analisis perspektif Imam al-Ghazali yang belum sepenuhnya diterapkan dalam butik Beescarf masih mengambil keuntungan diatas 10%, masih ada ketentuan jika ingin menukarkan produk, dan menjalin hubungan dengan lembaga keuangan bank konvensional atau non syariah. Penulis memberikan saran kepada butik Beescarf agar konsisten menerapkan etika bisnis Islam, sangat berharap agar butik Beescarf tidak mengambil keuntungan lebih dari 10%, menghilangkan adanya ketentuan kalau pelanggan ingin menukarkan produk, dan tidak menjalin hubungan dengan lembaga keuangan bank konvensional atau non syariah, karena tidak sejalan dengan etika bisnis Islam perspektif Imam al-Ghazali. Penelitian ini masih awal untuk peneliti Ekonomi Syariah, bisa dilanjutkan dengan dengan data yang lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safina, Arini Putriariniputrisafina@gmail.com08040420103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzizah, Imroatuliim.azizah1973@gmail.com2011087302
Subjects: Ekonomi Islam
Islam > Pakaian dan Perhiasan
Keywords: Etika bisnis islam; butik beescarf sidoarjo; imam al ghazali
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Arini Putri Safina
Date Deposited: 13 May 2024 03:41
Last Modified: 13 May 2024 03:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69977

Actions (login required)

View Item View Item