Implementasi sistem informasi akuntansi penerimaan kas dalam mendukung pengendalian internal berbasis Coso Perusahaan pengurus jasa kepabeanan di PT. Tritunggal Logistik Cepat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faradea, Thalita Onny (2024) Implementasi sistem informasi akuntansi penerimaan kas dalam mendukung pengendalian internal berbasis Coso Perusahaan pengurus jasa kepabeanan di PT. Tritunggal Logistik Cepat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Thalita Onny Faradea_08040220139 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Thalita Onny Faradea_08040220139 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 May 2027.

Download (2MB)

Abstract

Pengendalian internal yang baik merupakan elemen penting dalam menjaga integritas dan keberlangsungan perusahaan, terutama bagi entitas seperti PT. Tritunggal Logistik yang beroperasi dalam layanan kepabeanan. Dalam rangka memperkuat pengendalian internal berbasis COSO, implementasi sistem informasi akuntansi untuk penerimaan kas di PT. Tritunggal Logistik merupakan langkah penting yang perlu dieksplorasi dan diselidiki lebih mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem informasi akuntansi penerimaan kas dan pengendalian internal berbasis COSO pada perusahaan pengurus jasa kepabeanan (PPJK) di PT. Tritunggal Logistik Cepat. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, menggunakan sumber data primer dan sekunder, dimana data tersebut diambil dari PT. Tritunggal Logistik Cepat dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi yang kemudian diolah dan dilakukan analisa hingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil pada penelitian ini adalah sistem informasi akuntansi penerimaan kas PT. Tritunggal Logistik Cepat tergolong baik, meskipun masih mengandalkan beberapa proses manual, meningkatkan risiko kesalahan. Pengendalian internal perusahaan belum memadai, meskipun sistem informasi akuntansi telah membantu dalam mengamankan penerimaan kas secara online, memastikan keamanan dan keakuratan informasi.
Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada PT. Tritunggal Logistik Cepat memperkenalkan aplikasi sistem informasi untuk laporan keuangan yang lebih unggul, memfasilitasi respons keputusan yang lebih cepat. Dan perusahaan untuk meningkatkan sistem pengendalian internal dengan pembuatan SOP dan evaluasi kinerja karyawan serta mempertimbangkan penambahan personel untuk mengurangi beban kerja yang berlebihan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faradea, Thalita Onnythalitaaonny@gmail.com08040220139
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudhanti, Ashari Lintangashari.lintang@uinsby.ac.id2008119401
Subjects: Akuntansi
Keywords: Sistem Informasi Akuntansi; Penerimaan Kas; Pengendalian Internal berbasis COSO
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Thalita Onny Fradea
Date Deposited: 08 May 2024 00:38
Last Modified: 08 May 2024 00:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69988

Actions (login required)

View Item View Item