Psychological well being pada pasangan yang belum dikaruniai anakpsychological well being pada pasangan yang belum dikaruniai anak

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafiah, Amirotun (2023) Psychological well being pada pasangan yang belum dikaruniai anakpsychological well being pada pasangan yang belum dikaruniai anak. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amirotun Nafi'ah_J01219006 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 May 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Amirotun Nafi'ah_J01219006.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pencapaian keadaan psychological well being seorang individu menurut Ryyf (1998), pada sepasang suami dan istri yang belum dikaruniai anak dapat dilihat dari kemampuan seseorang dalam menerima kekurangan dan kelebihan diri, dapat menjalin hubungan baik dengan orang lain, dapat menguasai lingkungan, memiliki tujuan hidup, serta dapat mengaktualisasikan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor dan gambaran keadaan psychological well being pada pasangan suami dan istri yang sudah menikah dan belum dikaruniai anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-deskriptif dengan menjabarkan data hasil temuan dari penelitian. Penelitian ini menetapkan tiga pasang suami istri yang belum dikaruniai anak sebagai subjek penelitian. Proses pengambilan data dilakukan melalui proses observasi dan wawancara. Validitas data dalam penelitian ini dipastikan dengan menggunakan perpanjangan observasi, menambah ketekunan dan teknik triangulasi. Hasil penelitian yang sudah dilakukan terkait dengan psychological well being pada pasangan yang belum dikaruniai anak menemukan bahwa setiap individu memiliki psychological well being yang berbeda-beda dimana hal ini didasari oleh keenam dimensi psychological well being. Sedangkan faktor yang dapat mempengaruhi psychological well being pada seseorang dapat dilihat dari sikap seorang individu dalam menerima segala hal yang terjadi pada kehidupannya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingkat psychological well being pada seseorang sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor dan hal tersebut masih dapat berubah-ubah dalam setiap keadaan. Disarankan bagi penelitian selanjutnya agar lebih memperhatikan kriteria subjek dan menjadikan penelitian selanjutnya untuk lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafiah, Amirotunamirotunna@gmail.comJ01219006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSholeh, Moh.moh.sholeh1960@gmail.com2009125901
Subjects: Anak
Pemberdayaan
Keywords: Anak; psychological well being
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: AMIRA amirotun nafiah
Date Deposited: 21 May 2024 05:22
Last Modified: 21 May 2024 05:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69992

Actions (login required)

View Item View Item