Peran kiai dalam menanamkan nilai - nilai karakter kepemimpinan santri di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Paciran Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shafaunnida, Arzi (2023) Peran kiai dalam menanamkan nilai - nilai karakter kepemimpinan santri di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Paciran Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arzi Shafaunnida_02050821042 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Arzi Shafaunnida_02050821042 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 May 2027.

Download (4MB)

Abstract

Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Paciran telah menghasilkan banyak alumni yang berkiprah di masyarakat. Visi Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah adalah terwujudnya kader ulama, zuama’, dan pendidik yang berakhlak karimah dan berwawasan luas. Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah memiliki kiat-kiat dan metode tersendiri dalam mendidik para santrinya agar memiliki jiwa kepemimpinan. Salah satunya adalah melalui Organisasi Pelajar Pesantren Putra (OPPA) dan Organisasi Pelajar Pesantren Putri (OPPI) yang memiliki peran dan tanggung jawab yang sangat penting sebagai tangan kanan pimpinan pondok dalam memimpin, mengatur, mengkontrol, mengorganisir jalannya peraturan di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Paciran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mendeskripsikan nilai-nilai karakter kepemimpinan pada santri di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Paciran Lamongan 2. Menganalisis peran kiai dalam menanamkan nilai-nilai karakter kepemimpinan santri di Pondok Pesantren Modern Muhamamdiyah Paciran Lamongan. 3. Mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat yang dijumpai dalam penanaman nilai-nilai karakter kepemimpinan santri di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Paciran Lamongan. Dalam penelitian ini, peneliti mengunakan metode kualitatif dengan tehnik pengumpulan data antara lain 1. Interview dengan kiai, pengasuh, ustadz dan ustadzah, santri dll. 2. Observasi terhadap kegiatan santri antara lain Musyawarah Santri, Rakerpim dan Pelatikan Staff dll. 3. Dokumentasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1. Nilai-nilai karakter kepemimpinan yang diajarkan dan ditanamkan kepada santri Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Paciran meliputi nilai-nilai yang bersumber dari sifat – sifat kepemimpinan Nabi Muhammad, yaitu Siddiq, Amanah, Tabligh dan Fathonah. Siddiq merupakan sifat kejujuran. Amanah merupakan sifat bertanggung jawab. Tabligh yakni kemampuan dalam berinteraksi, berkomunikasi. Fathonah, yakni Kecerdasan. 2. Peran kiai dalam menanamkan Nilai-Nilai Karakter Kepemimpinan pada santri di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Paciran. Peran kiai tersebut diantaranya adalah Pengasuh, Penasehat, Pendidik, Pengerak (Motivator), Figur dan Teladan, Fasilitator dan Koordinator. 3. Faktor pendukung dalam penanaman nilai – nilai karakter kepempinan pada santri di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Paciran tersebut adalah Adanya kinerja pengurus yang baik, Peran aktif pemimpin pesantren, Adanya interaksi yang baik antara ustadz dan santri, Sarana dan prasarana yang memadai, Dukungan pemerintah desa, tokoh masyarakat dan warga sekitar, Letak pesantren yang strategis. Sedangkan faktor penghambat antara lain Pola perilaku santri yang sulit diatur, Sarana dan prasarana yang tidak terjaga dengan baik, Kurangnya pengawasan santri karena semakin bertambahnya jumlah santri, Ketidakpahaman orang tua terhadap Pendidikan anaknya baik di sekolah maupun di pesantren.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shafaunnida, Arziarzishafaunnida@gmail.com02050821042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAssegaf, Abd. Rachmanprofassegaf@gmail.com2012036402
Thesis advisorBakar, M. Yunus Abuelyunusy@gmail.com; elyunusy@uinsby.ac.id2015036501
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Biografi
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Peran Kiai; Karakter; Kepemimpinan
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 May 2024 07:03
Last Modified: 08 May 2024 07:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70007

Actions (login required)

View Item View Item