Pemberdayaan pemuda karang taruna berbasis moderasi beragama melalui wahana edukasi Pancasila di Dusun Balun Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawati, Nishfi (2024) Pemberdayaan pemuda karang taruna berbasis moderasi beragama melalui wahana edukasi Pancasila di Dusun Balun Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nishfi Kurniawati_04040220077 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 May 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Nishfi Kurniawati_04040220077.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang asset sosial keagamaan yang terbentuk karena sikap toleransi antar umat beragama di Dusun Balun. Penelitian ini memfokuskan pemuda kelompok karang taruna sebagai upaya regenerasi dan edukasi moderasi beragam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu asset based community development (ABCD0 serta melakukan proses pengorganisasian masyarakat menggunakan langkah-langkah yang sesuai yakni menggunakan discovery, dream, design, define dan destiny. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara apresiatif dan focus group discussion (FGD) Proses pengorganisasian dilakukan dengan berkolaborasi bersama pemuda karang taruna menghasilkan kegiatan sesuai dengan impian masyarakat Dusun Balun yakni mengoptimalkan aset. Masyarakat Balun yang sebelumnya belum meiliki wadah pengembangan dan pengkaderan maka melalui sekolah moderasi beragama hal tersebut dapat diwujudkan. Selain sekolah moderasi beragama, kelompok moderasi juga mampu membnetuk wahana edukasi pancasila untuk kalangan siswa-siswi Sekolah Dasar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawati, Nishfinishfikurniawati10@gmail.com04040220077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahrisdyah@uinsby.ac.id2019047802
Subjects: Masyarakat Islam
Pengabdian Masyarakat
Toleransi
Keywords: Pengorganisasian; toleransi; sekolah moderasi beragama
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nishfi Kurniawati
Date Deposited: 14 May 2024 07:57
Last Modified: 14 May 2024 07:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70046

Actions (login required)

View Item View Item