Pendampingan komunitas usaha mikro kue tradisional dalam upaya peningkatan ekonomi lokal melalui pemanfaatan aset alam di Desa Cemandi Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Ratna Sari (2022) Pendampingan komunitas usaha mikro kue tradisional dalam upaya peningkatan ekonomi lokal melalui pemanfaatan aset alam di Desa Cemandi Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ratna Sari Dewi_B92217077.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Ratna Sari Dewi_B92217077_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 May 2027.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang proses pendampingan masyarakat pemilik usaha mikro mandiri kue tradisional melalui komunitas UMKM kue tradisional yang ada di Desa Cemandi dengan melaui pemanfaatan aset alam berupa klaras. Proses pendampingan ini memiliki tujuan yakni untuk menambah kreatifitas dan inovasi, serta merubah pola pikir masyarakat untuk dapat memanfaatkan aset dan potensi yang dimiliki. Awal dari proses pendampingan ini dilakukan dengan melakukan identifikasi terhadap aset dan potensi dengan mengenakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development) dimana pendekatan ini merupakan pendekatan yang memanfaatkan aset dan potensi yang dimiliki oleh komunitas dengan langkah awal merubah cara pandang dan pola pikir masyarakat akan cara untuk memahami dan menyadari dari aset dan potensi yang mereka miliki. Metode pendekatan ini digunakan dengan maksud untuk menciptakan sebuah perubahan positif atau mengarah ke arah yang lebih baik. Adapun hasil dari proses pendampingan yang telah dilakukan oleh peneliti bersama komunitas beserta masyarakat yakni komunitas pedagang kue tradisional dapat menjadi suatu komunitas yang mandiri, mampu mengelolah aset dan potensi, melestarikan suatu aset budaya lokal dengan pembuatan produk berupa kue untuhuk yuyu atau akar kelapa, serta dapat menciptakan suatu produk yang dihasilkan dari kreastifitas dan inovasi mereka yakni berupa black charcoal salad sebagi salah satu produksinya dalam rangka mengurangi penggunaan zat pewarna kimia. Sehingga dapat menambah dan dapativ meningkatkan perekonomian lokal untuk kedepannya dapat menuju ke kehidupan yang lebih sejahterah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, Ratna Sariratnasdewi089@gmail.comB92217077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Pudjirahmawatipudji@yahoo.co.id2025036703
Subjects: Hubungan Masyarakat
Pemberdayaan
Kebudayaan > Kebudayaan Islam
Keywords: Pendampingan komunitas pedagang kue tradisisonal; industri kreatif; inovasi produk; pemanfaatan klaras
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: ratna sari dewi sugiarto
Date Deposited: 15 May 2024 03:25
Last Modified: 15 May 2024 03:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70094

Actions (login required)

View Item View Item