Zikir menggunakan jari-jemari sebagai metode akupresur: studi ma'anil hadis pada Kitab Sunan al-Tirmidzi nomor indeks 3583 dengan pendekatan law of attraction

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Annita, Zahkia (2024) Zikir menggunakan jari-jemari sebagai metode akupresur: studi ma'anil hadis pada Kitab Sunan al-Tirmidzi nomor indeks 3583 dengan pendekatan law of attraction. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zahkia Annita_07010520022 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 May 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Zahkia Annita_07010520022.pdf

Download (5MB)

Abstract

Agama di tengah-tengah moyaritas masyarakat selama ini hanya menjadi ritual ibadah penyembahan yang dilakukan berulang-ulang. Sebatas sebagai bentuk melaksanakan kewajiban sebagai umat Islam. Padahal, selain ibadah wajib juga terdapat ibadah-ibadah sunnah yang dapat diamalkan sesuai dengan kemampuan diri. Salah satunya yaitu zikir. Zikir dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Dalam hadis Nabi Muhammad SAW riwayat Imam al-Tirmidhi> no. 3583, Nabi bersabda, menganjurkan umatnya untuk berzikir dan menghitungnya menggunakan jari-jemari. Nabi Muhammad SAW ketika mensabdakan sebuah hadis, pasti terdapat makna yang terkandung di dalamnya. Pun, seperti hadis ini. Zikir menggunakan jari-jemari dalam dunia kesehatan termasuk ke dalam metode akupresur. Metode akupresur ini erat kaitannya dengan aspek psikis seseorang. Ketika seseorang berzikir dengan benar, sebenarnya ia menerapkan teori law of attraction. Pada penelitian ini, berusaha menghubungkan antara ketiganya, yaitu zikir menggunakan jari-jemari, metode akupresur, dan teori law of attraction. Jenis penelitian pada penelitian ini yaitu kualitatif dengan model penelitian gabungan antara library research dan field research. Metode yang digunakan yaitu deskriptif analisis. Data diperoleh dari bahan pustaka yang terkait dengan pembahasan juga hasil dari observasi pada beberapa informan. Penelitian ini memiliki tiga tujuan utama. Pertama, mengungkap kualitas dan kehujjahan hadis riwayat Imam al-Tirmidhi> no. 3583. Kedua, memahami pemaknaan hadis dengan pendekatan law of attraction. Ketiga, mengetahui kontekstualisasi zikir menggunakan jari-jemari sebagai metode akupresur dengan pendekatan law of attraction. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap beberapa informan membuktikan bahwa terdapat manfaat kesehatan psikis dengan zikir menggunakan jari-jemari sebagai metode akupresur dengan pendekatan law of attraction. Manfaat yang diperoleh dilihat dari aspek psikis seperti: hati menjadi tenang, nyaman, dan bahagia. Adapun kesimpulan yang dapat diperoleh pada penelitian ini yaitu hadis tentang zikir menggunakan jari-jemari riwayat Imam al-Tirmidhi> no. 3583 berstatus shahih lidzatihi dan dapat diamalkan (ma’mul bih). Selanjutnya pemaknaan hadis dengan pendekatan law of attraction yaitu seseorang yang berzikir akan senantiasa teringat dengan rahmat Allah. Zikir juga membawa energi-energi positif. Energi-energi positif inilah yang dapat menarik hal-hal positif pada kehidupan seseorang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Annita, Zahkiazahkiaannita1192@gmail.com07010520022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhodijah, Khodijahuchykhadijah@yahoo.com2010116601
Subjects: Doa dan Zikir
Islam dan Ilmu Pengetahuan
Spiritualisme
Keywords: Zikir; jari jemari; metode akupresur
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Zahkia Annita
Date Deposited: 15 May 2024 05:25
Last Modified: 15 May 2024 05:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70103

Actions (login required)

View Item View Item