Konseling islam dengan teknik desensitisasi sistematis untuk mengurangi kecemasan seorang korban pinjaman online pada mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isabillah, Rachel Intan (2023) Konseling islam dengan teknik desensitisasi sistematis untuk mengurangi kecemasan seorang korban pinjaman online pada mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rachel Intan Isabillah_B73219084 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Rachel Intan Isabillah_B73219084 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 May 2027.

Download (1MB)

Abstract

Berikut rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini: Bagaimana proses dan hasil Konseling Islam dengan Teknik Desensitisasi Sistematis untuk mengurangi kecemasan seorang korban pinjaman online pada mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya?. Metode yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian studi kasus yang dianalisa menggunakan pendekatan analisa deskriptif komparatif. Peneliti mencari data dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian analisis dilakukan yaitu dengan membandingkan antara teori dan praktek di lapangan. Sedangkan untuk mengetahui hasilnya yakni dengan membandingkan kondisi sebelum dan sesudahnya dilakukan proses konseling yang telah dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) proses konseling islam dengan teknik desensitisasi sistematis untuk mengurangi kecemasan memiliki beberapa tahapan, yakni tahapan identifikasi pemicu cemas, terapi relaksasi, visualisasi sajian adegan, dan follow up. Hasil ke (2) konseling islam dengan teknik desensitisasi sistematis dikatakan cukup berhasil dalam mengurangi kecemasan pada mahasiswa korban pinjaman online, hal ini dapat dilihat dari hasil sebelum dan sesudah diberikannya treatment terhadap konseli.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isabillah, Rachel Intanrachelintan41@gmail.comB73219084
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRofiq, Arif Ainurarifainurrofiq@uinsby.ac.id2008087706
Subjects: Bimbingan Konseling
Depresi
Islam
Keywords: Konseling Islam; Desensitisasi Sistematis; kecemasan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Rachel Intan Isabillah
Date Deposited: 16 May 2024 07:26
Last Modified: 16 May 2024 07:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70125

Actions (login required)

View Item View Item