Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat dalam menggunakan produk perbankan syariah : studi empiris pada mahasiswa ekonomi syariah di perguruan tinggi negeri kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Zumrotus (2024) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat dalam menggunakan produk perbankan syariah : studi empiris pada mahasiswa ekonomi syariah di perguruan tinggi negeri kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zumrotus Sholihah_08010420036 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Zumrotus Sholihah_08010420036 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 May 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis signifikansi pengaruh parsial dan simultan dari pengetahuan produk, promosi, fasilitas, kualitas pelayanan dan religiusitas terhadap minat mahasiswa ekonomi syariah dalam menggunakan produk perbankan syariah. Sekaligus menentukan faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap minat mahasiswa ekonomi syariah dalam menggunakan produk perbankan syariah. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini merupakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian survei dan teknik pengambilan sampel Probability Sampling dengan jenis Stratified Random Sampling. Data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan dari hasil kuesioner yang disebarkan kepada responden melalui Google Form. Untuk menganalisis data menggunakan aplikasi SPSS versi 25 dengan metode analisis yang digunakan adalah: uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji determinansi dan uji hipotesis. Hasil penelitian uji analisis regresi linier berganda menunjukkan terdapat pengaruh dari variabel independen terhadap variabel dependen. Sedangkan dari hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel pengetahuan produk, promosi, fasilitas dan religiusitas, namun pada variabel kualitas pelayanan menunjukkan hasil berpengaruh tidak signifikan. Selain itu berdasarkan uji F menunjukkan terdapat pengaruh secara simultan dari variabel independen terhadap variabel dependen. Adapun variabel yang lebih dominan pengaruhnya terhadap minat mahasiswa ekonomi syariah dalam menggunakan produk perbankan syariah adalah variabel religiusitas, hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji regresi linier berganda dari nilai beta tertinggi yang diperoleh masing-masing variabel.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, Zumrotuszumrotus407@gmail.com08010420036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHasan, Nurul Fatmanurul.fatma.hasan@gmail.com2111078901
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Minat Mahasiswa Ekonomi Syariah; Pengetahuan Produk; Promosi; Fasilitas; Kualitas Pelayanan; Religiusitas.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: zumrotus sholihah
Date Deposited: 18 May 2024 04:24
Last Modified: 18 May 2024 04:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70131

Actions (login required)

View Item View Item