Pengaruh akuntabilitas, transparansi, dan responsibilitas pengelolaan dana zakat terhadap minat muzakki membayar zakat di BAZNAS Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arofi, Hudy (2024) Pengaruh akuntabilitas, transparansi, dan responsibilitas pengelolaan dana zakat terhadap minat muzakki membayar zakat di BAZNAS Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hudy Arofi_08020520021.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Hudy Arofi_08020520021_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 May 2027.

Download (4MB)

Abstract

Zakat sebagai bentuk ibadah dapat diterima karena disertai dengan niat. Zakat merupakan salah satu rukun islam yang terdiri dari syahadat, salat, zakat, puasa, dan haji bagi yang mampu. Zakat dapat dijadikan bukti nyata kepedulian umat islam terhadap golongan miskin dan tidak mampu. Dalam memudahkan pembayaran dan penyaluran dana zakat pemerintah membentuk Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) yang terdiri atas Lembaga Amil Zakat (LAZ) dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Salah satu cara untuk menyalurkan zakat secara mudah ialah dengan adanya muzakki sebagai penyalur zakat. Dengan menjadinya seorang muzakki, harapan dari lembaga pengelola zakat dapat melakukan pengelolaan dana zakat secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari setiap variabel akuntabilitas, transparansi, dan responsibilitas pengelolaan dana zakat terhadap minat muzakki membayar zakat di BAZNAS Jawa Timur. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data yang dilakukan ialah dengan menyebarkan kuesioner berupa pertanyaan yang ditujukan bagi para muzakki BAZNAS Jawa Timur. Variabel independent pada penelitian ini ialah akuntabilitas, transparansi, dan responsibilitas. Sedangkan variabel dependentnya ialah minat muzakki. Jumlah sampel yang dapat diolah pada penelitian ini ialah berjumlah 100 muzakki. Dengan menggunakan metode purposive sampling yaitu Teknik pemilihan sampel berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh peneliti. Teknik analisis data yang diterapkan ialah dengan uji simultan (F) dan uji parsial (T). Hasil dari penelitian ini secara parsial ialah pada variable akuntabilitas berpengaruh signifikan terhadap minat muzakki membayar zakat. Pada variable transparansi tidak berpengaruh dan signifikan terhadap minat muzakki membayar zakat. Dan pada variable responsibilitas berpengaruh signifikan terhadap minat muzakki membayar zakat. Sedangkan secara simultan variable akuntabilitas, transparansi, dan responsibilitas berpengaruh signifikan terhadap minat muzakki membayar zakat di BAZNAS Jawa Timur. Penelitian ini merekomendasikan bagi pihak BAZNAS Jatim diharapkan mampu memberikan edukasi berupa sosialisasi kepada masyarakat terutama pada ASN terkait pentingnya membayar zakat, agar dapat meningkatkan kepercayaan dan minat muzakkidalam membayar zakat pada BAZNAS Jatim. Selain itu, diharapkan untuk memperbarui laporan keuangannya, hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan muzakki dan masyarakat untuk menyalurkan zakat dan diharapkan untuk mempertahankan apa yang telah dilakukan sebagaimana yang tercantum pada UU 23 Tahun 2011.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arofi, Hudyhudy.arofi07@gmail.com08020520021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDikuraisyin, Basarbasardikuraisyin@uinsby.ac.id2129118801
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Zakat
Keywords: Akuntabilitas; minat; muzakki; responsibilitas; transparansi; zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: hudy arofi
Date Deposited: 17 May 2024 03:55
Last Modified: 17 May 2024 05:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70143

Actions (login required)

View Item View Item