Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian kosmetik azarine pada mahasiswi Universitas Islam di Surabaya ditinjau dari perspektif perilaku konsumsi Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamidia, Wardah Istiqlal (2024) Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian kosmetik azarine pada mahasiswi Universitas Islam di Surabaya ditinjau dari perspektif perilaku konsumsi Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wardah Istiqlal Hamidia_08040420171 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 May 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Wardah Istiqlal Hamidia_08040420171.pdf

Download (3MB)

Abstract

Memiliki penampilan menarik merupakan hal yang diutamakan oleh orang-orang, terutama bagi wanita yang memperhatikan kecantikan dan juga identik dengan kecantikan. Berkembangnya teknologi, media sosial, dan platform digital juga mengakibatkan bertambahnya berbagai macam jenis dan merek pada produk kosmetik. Kosmetik Azarine merupakan salah satu produk kosmetik lokal yang saat ini populer sehingga banyak sekali peminatnya. Maka dari itu, peneliti ingin meneliti pengaruh dan analisis kosmetik azarine dengan menggunakan brand ambassador, brand image kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian ini menggunakan metode riset kombinasi (mixed methods research) yaitu penelitian yang didasari pada gabungan kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dalam penelitian ini melalui kuisioner dan wawancara. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 100 responden yang diperoleh melalui metode purposive sampling. Hasil penelitian yang diperoleh brand ambassador dan brand image tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik azarine pada mahasiswi universitas Islam di surabaya karena, apabila berfokus pada brand ambassador atau brand image akan mengakibatkan pemborosan karena membeli suatu produk bukan berdasarkan kebutuhan. Sedangkan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik azarine pada mahasiswi universitas Islam di surabaya karena, apabila kualitasnya tidak baik dan tidak halal maka konsumen akan merasa tidak puas, sehingga terjadi pemborosan. Dan hasil analisis variabel brand ambassador, brand image, dan kualitas produk ditinjau dari perspektif perilaku konsumsi islam menyatakan bahwa, konsumen dalam melakukan keputusan pembelian lebih mengutamakan kebutuhan dan kualitas produk kosmetik azarine. Sehingga, sesuai dengan perilaku konsumsi Islam dimana dalam membelanjakan hartanya sudah sesuai dengan kebutuhan dan memperhatikan kehalalan serta thayyib. Penelitian ini memberikan saran pada perusahaan diharapkan mengoptimalkan faktor-faktor lainnya yang dapat meningkatkan keputusan pembelian dan tetap mempertahankan serta terus meningkatkan kualitas produk yang lebih baik lagi agar konsumen tidak kecewa dan merasa puas atas produknya sehingga dapat mempengaruhi adanya keputusan pembelian. Dan untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperluas pengembangan variabel lain yang berkaitan dengan riview konsumen, informasi isi kandungan produk, media promosi atau media sosial, dan lainnya, agar dapat diperoleh temuan yang lebih baik dalam menjelaskan faktor-faktor keputusan pembelian. Selain itu, penelitian diharapkan mampu mengeksplor fenomena yang sedang populer yang dapat berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamidia, Wardah Istiqlalwardah.istiqlal@gmail.com08040420171
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRomaisyah, Luqitaluqita.romaisyah@uinsby.ac.id0026109201
Subjects: Ekonomi Islam
Jual Beli
Keywords: Pembelian kosmetik azarine; perspektif perilaku
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S.E Wardah Istiqlal Hamidia
Date Deposited: 20 May 2024 02:57
Last Modified: 20 May 2024 02:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70150

Actions (login required)

View Item View Item