Kontekstualisasi nilai-nilai pendidikan agama islam dalam membentuk karakter religius peserta didik di MTS bilingual Muslimat NU Pucang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muammar, M. Hasan (2023) Kontekstualisasi nilai-nilai pendidikan agama islam dalam membentuk karakter religius peserta didik di MTS bilingual Muslimat NU Pucang Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Hasan Muammar_02050821048.pdf

Download (8MB)
[img] Text
M. Hasan Muammar_02050821048_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 May 2027.

Download (8MB)

Abstract

Problematika pendidikan agama Islam di sekolah selama ini yakni hanya dipandang melalui aspek kognitif atau nilai dalam bentuk angka saja, tidak dipandang bagaimana peserta didik mengamalkan dalam dunia nyata sehingga belajar agama sebatas menghafal dan mencatat. Sehingga mengakibatkan pelajaran agama menjadi pelajaran teoritis bukan pengamalan atau penghayatan terhadap nilai agama itu sendiri. Pada tataran penghayatan dan pengamalan masih dijumpai karakter peserta didik yang masih rendah. Karakter yang dimaksud diantaranya ialah karakter religius peserta didik. Indikatornya ialah masih banyak dijumpai siswa yang seringkali meninggalkan kewajiban agamanya, bersikap tidak sopan, maraknya penyalagunaan teknologi pada hal-hal yang negatif, terjerumus pada pergaulan bebas, dan rendahnya semangat untuk menuntut ilmu. Sikap – sikap tersebut menunjukkan rendahnya kualitas pendidikan serta disebabkan oleh kurangnya penghayatan dan pengamalan terhadap nilai-nilai pendidikan agama Islam. Melihat problematika akademik yang ada tersebut maka peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian tentang “Kontekstualisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di MTs Bilingual Muslimat NU Pucang Sidoarjo”. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana bentuk karakter religius peserta didik di MTs Bilingual Muslimat NU Pucang Sidoarjo? 2) Bagaimana kontekstualisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik di MTs Bilingual Muslimat NU Pucang Sidorajo? 3) Bagaimana Implikasi dari kontekstualisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik di MTs Bilingual Muslimat NU Pucang Sidoarjo? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi dan interview. Data yang diperoleh dianalisis dan dalam proses analisis terbagi atas tiga komponen yaitu reduksi data,penyajian data dan verifikasi (menarik kesimpulan). Temuan penelitian ini adalah 1) bentuk karakter religius peserta didik di MTs Bilingual Muslimat NU Pucang Sidoarjo yakni taat beribadah, tanggung jawab, percaya diri, jujur, cinta ilmu, disiplin, dan menghormati orang lain. 2) kontekstualisasi nilai-nilai pedidikan agama Islam di MTs Bilingual Muslimat NU Pucang Sidoarjo diwujudkan dalam bentuk Program kegiatan madrasah dan pembelajaran kontekstual. 3) Kontekstualisasi nilai-nilai pedidikan agama Islam memberikan dampak yang positif dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MTs Bilingual Muslimat NU Pucang Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muammar, M. Hasanhasaneducate@gmail.com02050821048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAssegaf, Abd. Rachmanprofassegaf@gmail.com2012036402
Thesis advisorNiam, Khoirunfniam70@yahoo.co.id2025077001
Subjects: Contextual Teaching and Learning
Manajemen Pendidikan
Pendidikan Islam
Keywords: Kontekstualisasi; nilai-nilai; endidikan agama Islam; karakter religius
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.Hasan Muammar
Date Deposited: 20 May 2024 05:26
Last Modified: 20 May 2024 05:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70187

Actions (login required)

View Item View Item