Pengaruh karakter eksekutif, kompensasi eksekutif, koneksi politik, dan firm size terhadap agresivitas pajak degan good corporate governance sebagai variabel moderasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Savitri, Dian Eka (2023) Pengaruh karakter eksekutif, kompensasi eksekutif, koneksi politik, dan firm size terhadap agresivitas pajak degan good corporate governance sebagai variabel moderasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dian Eka Savitri_G0221706 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 May 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Dian Eka Savitri_G0221706 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pajak merupakan penerimaan negara penerimaan tertinggi yang diperoleh negara. Semakin tinggi penghasilan kena pajak suatu perusahaan, maka akan mempengaruhi perolehan laba perusahaan. Hal ini mendorong perusahaan untuk melakukan tindakan pajak agresif. Tindakan pajak agresif yang dilakukan oleh perusahaan dapat mengurangi jumlah penerimaan negara melalui pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakter eksekutif, kompensasi eksekutif, koneksi politik, dan firm size terhadap agresivitas pajak dengan good corporate governance sebagai variabel moderasi. Pengukuran good corporate governance menggunakan kualitas audit. Penelitian ini menggunakan sampel pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019-2021. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 48 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA) yang dibantu dengan alat hitung IBM SPSS versi 26. Hasil analisis menunjukkan bahwa karakter eksekutif dan ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap agresivitas pajak. Sedangkan kompensasi eksekutif dan koneksi politik tidak berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak. Variabel moderasi good corporate governance yang diproyeksikan dengan kualitas audit mampu memoderasi hubungan karakter eksekutif dan hubungan ukuran perusahaan terhadap agresivitas pajak, sedangkan kualitas audit tidak mampu memoderasi hubungan kompensasi eksekutif dan koneksi politik terhadap agresivitas pajak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Savitri, Dian Ekadianekasavt@gmail.comG0221706
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLating, Ade Irma Suryaniade.irma@uinsby.ac.id--
Subjects: Akuntansi
Kompensasi
Pajak dan Perpajakan
Keywords: Agresivitas Pajak; Karakter Eksekutif; Kompensasi Eksekutif; Koneksi Politik; Firm Size;Kualitas Audit.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: DIAN EKA SAVITRI
Date Deposited: 21 May 2024 06:09
Last Modified: 21 May 2024 06:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70205

Actions (login required)

View Item View Item