Analisis hukum islam terhadap wanprestasi dalam transaksi usaha henna art: studi kasus pada pelaku usaha henna art Kota Jombang)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amrulloh, Moch. Iqbal (2023) Analisis hukum islam terhadap wanprestasi dalam transaksi usaha henna art: studi kasus pada pelaku usaha henna art Kota Jombang). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch. Iqbal Amrulloh_C02219030 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Moch. Iqbal Amrulloh_C02219030 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 May 2027.

Download (1MB)

Abstract

Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan, data yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif, yaitu dengan memulai pembahasan dari data yang dikumpulkan dari lapangan mengenai praktik layanan jasa henna art di Jombang, kemudian dianalisis berdasarkan akad ijarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembatalan transaksi sepihak oleh pelanggan dalam usaha Henna Art dapat digolongkan sebagai wanprestasi. Dari perspektif hukum Islam, wanprestasi melibatkan tanggung jawab moral dan etika dalam melaksanakan transaksi. Dalam konteks transaksi bisnis, akad dan komitmen memiliki peran penting dalam memastikan integritas transaksi. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya kesadaran dan komunikasi yang baik antara pelanggan dan pelaku usaha Henna Art dalam menghindari pembatalan sepihak serta menjaga prinsip-prinsip hukum dan etika Islam dalam transaksi usaha. Dengan demikian dari kesimpulan diatas maka terdapat beberapa masukan dari peneliti melalui penelitian ini, diharapkan adanya pemahaman yang lebih baik tentang implikasi hukum Islam terhadap wanprestasi dalam transaksi usaha Henna Art dan pentingnya kesadaran dan komunikasi yang baik antara pelanggan dan pelaku usaha serta menjaga integritas dan tanggung jawab moral dalam dunia bisnis sesuai dengan nilai-nilai etika Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amrulloh, Moch. Iqbaldolkenadipati25@gmail.comC02219030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSholihuddin, Muh.msholihuddin@uinsby.ac.id2025077701
Subjects: Hukum Islam > Ijarah
Hukum > Hukum Perdata Islam
Hukum Ekonomi
Keywords: Usaha; Henna Art; wanprestasi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Moch. Iqbal Amrulloh
Date Deposited: 26 May 2024 14:25
Last Modified: 26 May 2024 14:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70215

Actions (login required)

View Item View Item