Universal design learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa inklusi (Studi Multisitus SMAN 1 Gedangan dan SMAN 1 Wonoayu Sidoarjo)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Rokhmatul Khoiro Amin (2024) Universal design learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa inklusi (Studi Multisitus SMAN 1 Gedangan dan SMAN 1 Wonoayu Sidoarjo). Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rokhmatul Khoiro Amin Putri_02040822051.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Rokhmatul Khoiro Amin Putri_02040822051_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 May 2027.

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran anak berkebutuhan khusus perlu dipersiapkan agar adaptif terhadap lingkungan sosialnya, salah satu solusi untuk mengatasi keberagaman karakteristik peserta didik dalam kelas inklusi adalah dengan menerapkan Universal Desain for Lerning. Desain ini merupakan kerangka kerja kurikulum yang fleksibel dan mendukung untuk semua peserta didik, termasuk mereka yang ketidakmampuan belajar sehingga tujuan pengajaran, penilaian, metode, dan bahan dapat digunakan dan diakses oleh semua. SMA Negeri 1 Gedangan dan SMA Negeri 1 Wonoayu merupakan sekolah negeri di Sidoarjo yang ditunjuk oleh Diknas untuk menjadi sekolah penyelenggara pendidikan inklusi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi dengan sumber data yaitu informan dan dokumentasi yang sesuai. Analisis data dilakukan melalui proses kondensasi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa kedua sekolah tersebut pada dasarnya model pembelajaran yang digunakan di kelas inkusi sudah di desain secara universal dengan menerapkan UDL untuk siswa berkebutuhan khusus dari perangkat pembelajaran seperti TP, ATP, CP, strategi hingga pada media dan evaluasi pembelajaran tetap memperhatikan 3 prinsip UDL yaitu keterlibatan, representasi dan ekspresi. Namun terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi penerapan UDL seperti motivasi siswa, kurangnya keterampilan guru, dan sarana prasarana yang kurang memadai. UDL yang mengacu pada tiga kerangka mencerminkan terkait teori belajar kognitif dimana seluruh siswa dengan karakteristik individualnya memiliki akses yang setara dan adil, serta memiliki kesempatan untuk mempelajari materi yang sama dengan cara bekerja yang paling baik dan efektif bagi mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Rokhmatul Khoiro Aminputriamin01@gmail.com02040822051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, Muhammadmuhammadthohir@uinsby.ac.id2025077402
Thesis advisorMustofa, Aliali_mustofa76@yahoo.co.id2025127601
Subjects: Penyandang Cacat
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak
Anak > Anak Penyandang Cacat
Keywords: Universal design learning; pendidikan agama islam; siswa inklusi
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rokhmatul Khoiro Amin Putri
Date Deposited: 30 May 2024 07:20
Last Modified: 30 May 2024 07:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70230

Actions (login required)

View Item View Item