Studi komparasi implementasi pembelajaran PAI di Sekolah I'dadiy Ar-Rabity Technological College Thailand dan SMP Negeri 1 Lamongan Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummah, Ilmi Izzatul (2024) Studi komparasi implementasi pembelajaran PAI di Sekolah I'dadiy Ar-Rabity Technological College Thailand dan SMP Negeri 1 Lamongan Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ilmi Izzatul Ummah_06030120056.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ilmi Izzatul Ummah_06030120056_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 May 2027.

Download (3MB)

Abstract

Populasi penduduk di Indonesia dan Thailand memiliki perbedaan yang signifikan, khususnya dalam menganut kepercayaan agama Islam. Indonesia dengan mayoritas Muslim, dan Thailand dengan minoritas Muslim. Penelitian ini bermaksud untuk menganalisa bagaimana Komparasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah I’dadiy Ar-Rabity Technological College Thailand dan SMP Negeri 1 Lamongan Indonesia dalam mempertahankan moralitas yang baik. Pada penelitian ini ada tiga masalah yang diajukan, yaitu: 1) Bagaimana implementasi pembelajaran PAI di Sekolah I’dadiy Ar-Rabity Technological College Thailand? 2) Bagaimana implementasi pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Lamongan Indonesia? 3) Bagaimana komparasi implementasi pembelajaran PAI di Sekolah I’dadiy Ar-Rabity Technological College Thailand dan SMP Negeri 1 Lamongan Indonesia? Untuk menjawab permasalahan yang telah diuraikan, dilakukan pengumpulan data kualitatif di Sekolah I’dadiy Ar-Rabity Technological College Thailand dan SMP Negeri 1 Lamongan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terhimpun kemudian dianalisis menggunakan model analisis interaktif, yang melibatkan tiga langkah, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan pemaparan kesimpulan. Temuan dari analisis tersebut kemudian disajikan secara naratif dalam laporan hasil penelitian skripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Impelementasi pembelajaran PAI di Sekolah I’dadiy Ar-Rabity menggunakan sistem pendidikan dualistik terpisah, yang mengacu pada kurikulum yang diberlakukan di sekolah, yaitu kurikulum internasional yang dimodifikasi. Untuk mempertahankan moralitas yang baik, semua guru di Sekolah I’dadiy Ar-Rabity berhasil melakukan pendekatan kepada peserta didik untuk memberikan nasihat, motivasi, dan arahan yang baik, khususnya dalam pembelajaran PAI melalui semua tahapan pembelajaran yang dilakukan, dengan mengacu pada teori Robert Mills Gagne. 2) Implementasi pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Lamongan menggunakan kurikulum K13 bagi kelas IX dan kurikulum merdeka bagi kelas VII dan VIII. Dalam mengimplementasikan tahapan-tahapan pembelajaran berdasarkan teori Robert Mills Gagne, para guru di SMP Negeri 1 Lamongan selalu menyisipkan arahan, motivasi, nasihat yang baik dengan didukung pembiasaan yang baik dan berhasil mengupayakan peserta didik untuk mempertahankan moralitas yang baik. 3) Persamaan dari kedua sekolah tersebut yaitu terletak pada persiapan pendidik dalam merancang rencana pembelajaran, bentuk dan cara mempertahankan moralitas peserta didik dan hukuman pelanggaran yang berbentuk poin. Sedangkan perbedaanya yaitu sistem pendidik dan kurikulum yang diberlakukan, alokasi waktu, penempatan kelas, lingkup materi PAI, dan cara mempertahankan moralitas yang baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummah, Ilmi Izzatul06030120056@student.uinsby.ac.id06030120056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Muhammadmuhammadfahmi@uinsa.ac.id2106087701
Thesis advisorRidwan, Auliyaaridwan@uinsby.ac.id2011058502
Subjects: Islam
Pendidikan Islam
Teknologi
Keywords: Komparasi; pembelajaran; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ILMI IZZATUL UMMAH
Date Deposited: 27 May 2024 03:04
Last Modified: 27 May 2024 03:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70258

Actions (login required)

View Item View Item