Pengaruh Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDI Pancasila Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifianti, Yuli (2024) Pengaruh Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDI Pancasila Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yuli Arifianti_06020720054 OK.pdf

Download (853kB)
[img] Text
Yuli Arifianti_06020720054 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 May 2027.

Download (4MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa ditunjukkan dengan adanya siswa yang masih belum dapat membaca kalimat sederhana dengan lancar. Selain itu selama proses pembelajaran berlangsung juga masih terdapat beberapa siswa yang memerlukan bantuan untuk membacakan soal dan mendiktekan jawaban dari soal tersebut serta beberapa siswa juga masih belum mengenal huruf dan angka. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah variasi dalam proses pembelajaran mempermudah dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa, salah satunya dengan menerapkan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode struktural anlitik sintetik terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDI Pancasila Krian Sidoarjo. Penelitian ini merupakam jenis penelitian kuantitatif pra-eksperimen dengan desain one-group pretest posttest Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes membaca yang dilakukan secara lisan. Tes tersebut dilakukan ketika sebelum diberikan perlakuan (pretest) dan dilakukan setelah diberikan perlakuan (posttest). Teknik dalam analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji hipotesis paired sample t test, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest kemampuan membaca permulaan sebesar 69,10 sedangkan rata-rata nilai posttest kemampuan membaca permulaan sebesar 84,30. Hasil perhitungan hipotesis dengan menggunakan paired sample t-test menunjukkan hasil nilai signifikasi 0,00 < 0,05 dan hasil uji koefisien determinasi sebesar 0,633 yang artinya metode SAS berpengaruh sebesar 63,3% terhadap kemampuan membaca permulaan siswa dan 36,7% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDI Pancasila Krian Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifianti, Yuliyuliarifianti23@gmail.com06020720054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, Jauharotialfin_ftkuinsa@yahoo.com2006067301
Thesis advisorJuhaeni, Juhaenithinasafar@gmail.com2030078604
Subjects: Metode Pembelajaran
Keywords: Metode SAS; Kemampuan Membaca; Membaca Permulaan.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuli Arifianti
Date Deposited: 28 May 2024 04:15
Last Modified: 28 May 2024 04:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70268

Actions (login required)

View Item View Item