Analisi manajemen zakat produktif dalam pemberdayaan bunda yatim melalui program BISA (Bunda Mandiri Sejahtera) di Lembaga Yatim Mandiri Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Havida Marzhaleni (2022) Analisi manajemen zakat produktif dalam pemberdayaan bunda yatim melalui program BISA (Bunda Mandiri Sejahtera) di Lembaga Yatim Mandiri Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Havida Marzhaleni Putri_G75218025.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Havida Marzhaleni Putri_G75218025_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 May 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen zakat produktif terhadap program Bunda Mandiri Sejahtera (BISA) dengan teori G.R Terry serta mengalisis pemberdayaan terhadap penerima manfaat melalui program Bunda Mandiri Sejahtera (BISA). Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Sebagai teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, data yang didapatkan melalui hasil wawancara langsung dengan narasumber terkait, pengumpulan dokumentasi serta observasi ke tempat penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa manajemen zakat produktif melalui program Bunda Mandiri Sejahtera (BISA) berjalan dengan baik sesuai dengan planning program tersebut berjalan sesuai dengan targetnya, yaitu janda. Pemberian dana produktif yang dilakukan dalam program tersebut menggunakan akad Qard Al-hasan. Dalam program tersebut terdapat Bunda atau penerima manfaat yang merasa terbantu tetapi juga terdapat bunda yang merasa bahwa tidak dapat memenuhi kebutuhannya. Organizing pada program Bunda Mandiri Sejahtera (BISA) dilakukan dengan bidang mereka masing-masing. Organizing yang ada meliputi direktur program, Manajer pemberdayaan, Staf program dan Koordinator program. Actuating pada program Bunda Mandiri Sejahtera (BISA) dilakukan dengan komunikasi, pengawasan dan nasehat terhadap bunda dalam mengembangkan usahanya dan membangkitkan semangat bunda agar lebih produktif. Controling dilakukan oleh fasilitator dalam 1 bulan sekali secara personal untuk mengetahui perkembangan usaha dan kesulitan yamg sedang dihadapi bunda. Dana zakat yang dihimpun oleh Lembaga Yatim Mandiri Surabaya disalurkan kepada bunda untuk mengembangkan usaha mereka. Dalam mengikuti program tersebut bunda tidak hanya diberikan modal tetapi juga bimbingan keagamaan, motivasi dan dukungan dalam pengembangkan usaha mereka agar dapat memberdayakan mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Havida Marzhaleniputrihavida08@gmail.comG75218025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Lianlian.fuad@uinsby.ac.id2121048502
Subjects: Zakat
Keywords: Manajemen; zakat produktif; pemberdayaan; Lembaga Yatim Mandiri; program Bunda Mandiri Sejahtera (BISA)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Havida Marzhaleni Putri
Date Deposited: 28 May 2024 01:29
Last Modified: 28 May 2024 01:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70291

Actions (login required)

View Item View Item