Analisis manajemen lelang wakaf pilar di Masjid Hidayatullah Kelurahan Manukan Wetan Kecamatan Tandes Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Luailik, Nur (2022) Analisis manajemen lelang wakaf pilar di Masjid Hidayatullah Kelurahan Manukan Wetan Kecamatan Tandes Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur luailik_G75218029.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nur luailik_G75218029_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 May 2027.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Analisis Manajemen Lelang Wakaf Pilar di Masjid Hidayatullah Kelurahan Manukan Wetan Kecamatan Tandes Surabaya. Penulis mengambil teori manajemen yang akan dibahas dalam penelitian ini. Manajemen adalah ilmu dan seni yang mengatur proses permanfaatan sumber daa manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Penelitian ini dibuat bertujuan untuk menjawab pertanyaan Bagaimana manajemen lelang wakaf pilar di Masjid Hidayatullah dan bagaimana faktor penghambat dan pendukung lelang wakaf pilar di Masjid Hidayatullah. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sebagai teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, data yang digunakan bersumber dari wawancara langsung dengan narasumber terkait yaitu pengurus masjid hidayatullah dan wakif. Pengumpulan dokumentasi, serta observasi ke tempat penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen lelang wakaf pilar sudah mencapai target yang telah ditetapkan, tetapi dari sisi organizing kepengurusan lelang wakaf masih mengandalkan sekretaris masjid untuk bergerak. Factor penghambat yang ditemukan (1) Adanya pandemi covid-19 yang membuat ekonomi warga yang ikut lelang wakaf pilar tidak stabil.(2). Masih belum pahamnya makna lelang wakaf pilar (3) Kurangnya sosialisasi pada sebagian warga yang jarang aktif ke Masjid Hidayatullah (4)Belum ada sertifikat telah berwakaf (5) Tidak dibentuknya nadzir untuk mengelola lelang wakaf. Sedangkan factor pendukungnya yaitu (1) Mudahnya membayar lelang wakaf pilar (2) Pengurus masjid yang terbuka tentang pelaporan hasil lelang wakaf pilar (3) Keutamaan wakaf yang membuat wakif mengikuti lelang wakaf pilar (4) Promosi yang dilakukan melalui spanduk dan sosial media (5) Peran aktif warga ikut mempromosikan lelang wakaf pilar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Luailik, Nurnur.16luailik@gmail.comG75218029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Lianlian.fuad@uinsby.ac.id2121048502
Subjects: Wakaf
Keywords: Manajemen; lelang; wakaf; Masjid Hidayatullah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Nur Luailik
Date Deposited: 28 May 2024 01:46
Last Modified: 28 May 2024 01:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70292

Actions (login required)

View Item View Item