Penguatan profil pelajar pancasila dalam pembelajaran PAI melaui program nyantri kampung di SMP Negeri 2 Mantup Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islami, Rizka Yustisia Putri (2024) Penguatan profil pelajar pancasila dalam pembelajaran PAI melaui program nyantri kampung di SMP Negeri 2 Mantup Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizka Yustisia Putri Islami_06040120102 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Rizka Yustisia Putri Islami_06040120102 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 May 2027.

Download (2MB)

Abstract

Pancasila sebagai dasar negara Indonesia memegang peranan penting dalam pembentukan karakter dan identitas bangsa. Namun, tantangan nyata muncul dalam mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dengan pembelajaran agama, terutama Pendidikan Agama Islam (PAI), di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi program "Nyantri Kampung" sebagai upaya penguatan profil pelajar Pancasila melalui pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Mantup Lamongan.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, serta dokumentasi, dalam menganalisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, seta penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi. Subjek penelitian ini adalah siswa yang mengikuti program "Nyantri Kampung". Desain pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Mantup Lamongan seperti menyiapkan kurikulum sebagai pedoman pembelajaran, mempersiapkan administrasi, membentuk kontrak kerja antara sekolah dan Madin, TPQ atau TPA, mempersiapkan perangkat yang digunakan, biaya, dan komunikasi dengan orang tua. Sedangkan untuk implementasinya program nyantri kampung ini mengirimkan peserta didik ke Madin, TPQ atau TPA sesuai dengan pilihan masing-masing. Untuk kegiatannya selalu mengikuti aturan pada setiap Madin, TPQ atau TPA, namun secara garis besar kegiatan program nyantri kampung ini meliputi : Mengaji, Hafalan surat-surat pendek, ada juga yang mengaji kitab kuning, pelatihan-pelatihan seperti melatih istighosah, tahlil, muhadhoroh, dan banjari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini memberikan kontribusi signifikan dalam penguatan profil pelajar Pancasila. Partisipasi dalam kegiatan "Nyantri Kampung" mendorong siswa untuk lebih memahami dan mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, pembelajaran PAI yang terintegrasi dengan nilai-nilai Pancasila melalui program ini memberikan pengalaman nyata dalam menjalankan ajaran agama Islam dengan nilai-nilai kebangsaan yang kokoh. Kesimpulannya, program "Nyantri Kampung" di SMPN 2 Mantup Lamongan efektif dalam penguatan profil pelajar Pancasila melalui pembelajaran PAI. Rekomendasi dari penelitian ini adalah untuk melanjutkan dan mengembangkan program ini ke tingkat yang lebih luas, serta melibatkan lebih banyak pihak dalam mendukung integrasi nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan agama di sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islami, Rizka Yustisia Putririzkayustisia03@gmail.com06040120102
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAli, Masudalimasud.kholqillah@gmail.com2023016301
Thesis advisorMuhammad, Fahmimuhammadfahmi@uinsa.ac.id2106087701
Subjects: Pendidikan
Keywords: Penguatan Profil Pelajar Pancasila; Pendidikan Agama Islam; Nyantri Kampung
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Rizka Yustisia Putri Islami
Date Deposited: 28 May 2024 01:08
Last Modified: 28 May 2024 01:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70296

Actions (login required)

View Item View Item