Pengembangan model pembelajaran self directed learning pada mata pelajaran al-Qur'an Hadits untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di MAN 2 Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Affida, Laili Nur (2022) Pengembangan model pembelajaran self directed learning pada mata pelajaran al-Qur'an Hadits untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di MAN 2 Tuban. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laili Nur Affida_02040820035 OK.pdf

Download (980kB)
[img] Text
Laili Nur Affida_02040820035 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 May 2027.

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik menjadi sebuah permasalah besar dalam dunia pendidikan. Hal tersebut dipicu dengan kurang inovatifnya pendidik di sebuah lembaga pendidikan dalam mengembangkan perangkat pembelajaran. Penerapan model pembelajaran konvensional cenderung membuat peserta didik pasif ketika pelaksanaan kegiatan pembelajaran di kelas. Oleh karena itu peneliti berinovasi untuk mendesain perangkat pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik salah satu usaha yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan mengimplementasikan model pembelajaran self directed learning. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran Al-Qur’an Hadits dengan model self directed learning untuk meningkatkan kemampaun berpikir kritis peserta didik di MAN 2 Tuban; (2) untuk mendeskripsikan kevalidan perangkat pembelajaran Al-Qur’an Hadits model self directed learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di MAN 2 Tuban; (3) untuk mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran Al-Qur’an Hadits terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan model self directed learning di MAN 2 Tuban.Metode penelitian pengembangan menggunakan 4D Thiagarajan dengan melalui 4 tahap diantaranya adalah define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Hasil penelitian ini adalah: (1) menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran sesuai dengan tahapan yang dilakukan; (2) efektivitas perangkat pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Affida, Laili Nurlailinuraffida45@gmail.com02040820035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMudlofir, Alimudlofir_ali@yahoo.com2016116301
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pengembangan; perangkat pembelajaran; self directed learning; berpikir kritis
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Laili Nur Affida
Date Deposited: 29 May 2024 05:30
Last Modified: 29 May 2024 05:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70325

Actions (login required)

View Item View Item