Implementasi etika bisnis Islam pada pedagang di sekitar wisata religi : studi kasus makam Troloyo Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khasanah, Hidayati Asma'ul (2023) Implementasi etika bisnis Islam pada pedagang di sekitar wisata religi : studi kasus makam Troloyo Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hidayati Asma'ul Khasanah _G94219153 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Hidayati Asma'ul Khasanah _G94219153 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 September 2027.

Download (1MB)

Abstract

Etika bisnis dalam Islam ialah sekumpulan perilaku yang dijadikan pembeda antara perilaku yang baik maupun perilaku yang buruk dalam melakukan kegiatan berbisnis yang berpedoman pada ajaran Islam. Menurut Syed Nawab Heider Naqvi terdapat 5 (lima) etika bisnis Islam yang dapat dijadikan pedoman dalam melaksanakan kegiatan bisnis diantaranya yakni prinsip tauhid (kesatuan), prinsip equilibrium (keadilan/keseimbangan), prinsip free will (kehendak bebas), prinsip responbility (tanggung jawab), prinsip ihsan (kebajikan). Kelima (5) prinsip itu harus dimiliki oleh seorang pebisnis maupun seorang pedagang yang melakukan kegiatan bisnis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi etika bisnis Islam pada pedagang di sekitar wisata religi Makam Troloyo Mojokerto?; 2) Apa kendala implementasi etika bisnis Islam pada pedagang di sekitar wisata religi Makam Troloyo Mojokerto? Adapun tujuan dari penelitian ini 1) Untuk mengetahui bagaimana implementasi etika bisnis Islam pada pedagang di sekitar wisata religi Makam Troloyo Mojokerto; 2) Untuk mengetahui apa kendala implementasi etika bisnis Islam pada pedagang di sekitar wisata religi Makam Troloyo Mojokerto.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik pengelolaan data serta teknik analisis data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Implementasi etika bisnis Islam pada pedagang di wisata religi makam Troloyo Mojokerto dalam meinjalankan keigiatan bisnis mauipuin keigiatan beirdagang seibagaian beisar suidah seisuiai deingan prinsip-prinsip eitika bisnis Islam diantaranya yakni prinsip tauhid (kesatuan), prinsip equilibrium (keadilan/keseimbangan), prinsip free will (kehendak bebas), prinsip responbility (tanggung jawab), prinsip ihsan (kebajikan); 2) Kendala implementasi etika bisnis Islam pada pedagang di sekitar wisata religi makam Troloyo Mojokerto ialah masih belum terdapat adanya pengawasan maupun kontroling terhadap para pedagang sehingga bisa saja pedagang melakukan hal-hal yang dilarang oleh ajaran Islam, masih terdapat pedagang yang belum memperhatikan kualitas produk yang mereka jual seperti tidak mencantumkan masa kedarluwarsa, serta ada beberapa barang yang mereka jual juga belum bersertifikasi halal, belum adanya suatu kelompok, organisasi, maupun yayasan yang menaungi para pedagang di wisata religi Makam Troloyo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khasanah, Hidayati Asma'ulhidayatiasmaul20@gmail.comG94219153
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAtho'illah, Akhmad Yunanyunan.athoillah@gmail.com2005018101
Subjects: Pedagang
Etika
Keywords: Etika bisnis Islam ; pedagang
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Hidayati Asma'ul Khasanah
Date Deposited: 31 Aug 2024 20:57
Last Modified: 31 Aug 2024 20:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70390

Actions (login required)

View Item View Item