Arsitektur dan Fungsi Sosial Masjid Ki Bagus Hadikusumo Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Juliawan, Muhammad Riza (2024) Arsitektur dan Fungsi Sosial Masjid Ki Bagus Hadikusumo Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Riza Juliawan _ A72219061 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Riza Juliawan _ A72219061 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 June 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini penulisannya menggunakan pendekatan historis dan sosiologis. Pendekatan historis bertujuan untuk mengungkap dan memaparkan sejarah Masjid Ki Bagus Hadikusumo. Pendekatan sosiologis bertujun untuk menjelaskan fungsi-fungsi Masjid Ki Bagus Hadikusumo. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Semiotik dan Teori Fungsional. Sedangkan metode yang digunakan ada empat tahap yaitu: heuristic (pengumpulan data), verifikasi (kritik data), interpretasi (penafsiran data), dan historiografi (penulisan sejarah). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, Masjid Ki Bagus Hadikusumo ini diresmikan, 2 November 2018 dibangun dari hasil perputaran uang mahasiswa, uang tersebut dikumpulan membutuhkan waktu lima tahun lamanya, pada tahun 2014 hinggah pada tahun 2018, uang selama lima tahun dikumpulkan untuk pembangunan Masjid Ki Bagus Hadikusumo menelan uang sebesar 22 Milyar. kedua, Awal mula arsitektur Masjid Ki Bagus Hadikusumo tercetus dari bapak rektor Universitas Muhammmdiyah Lamongan yakni bapak Abdul Aziz Alimul Hidayat, S.Kep, Ners, M.Kes. Bapak Rektor menemukan selembar brosur lama bergambarkan sebuah masjid megah bergaya seperti masjid Kul Syarif yang berada di Kazan yang merupakan negara Rusia. Akhirnya gambar inilah yang dijadikan arsitektur Masjid Ki Bagus Hadikusumo. Ketiga Masjid Ki Bagus Hadikusumo menerapkan beberapa fungsi sebagai elemen penyatuan sosial masyarakat, yang diwujudkan melalui peran masjid sebagai tempat distribusi dana zakat dan infaq, lokasi pelaksanaan pernikahan, serta sebagai pusat wisata spiritual.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Juliawan, Muhammad RizaRizajey@gmail.comA72219061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisoryana, Muzaimuzaiyana@uinsby.ac.id2012086901
Thesis advisorHuda, LailatulLailatulhuda@uinsby.ac.id2013116301
Subjects: Arsitektur
Masjid
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Sejarah; Arsitektur; Masjid Ki Bagus Hadikusumo
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Muhammad Riza Juliawan
Date Deposited: 06 Jun 2024 00:54
Last Modified: 06 Jun 2024 00:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70403

Actions (login required)

View Item View Item