Pengaruh strategi random text terhadap penguasaan Ilmu Tajwid peserta didik kelas IV di MINU Ngingas Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Artiani, Farah Ibtida Nur (2024) Pengaruh strategi random text terhadap penguasaan Ilmu Tajwid peserta didik kelas IV di MINU Ngingas Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Farah Ibtida Nur Artiani_06040720075 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Farah Ibtida Nur Artiani_06040720075 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 June 2027.

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang dari penelitian ini yaitu pembelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas IV MINU Ngingas dalam proses pembelajaran ilmu tajwid. Penelitian ini menunjukkan bahwa minimnya siswa yang menguasai tajwid dikarenakan beberapa faktor yaitu tajwid merupakan pelajaran yang sulit, kurangnya rasa percaya diri yang menyebabakan siswa malu saat melafalkan ayat Al-Qur’an di depan kelas. Selain itu siswa belum terbiasa menemukan bacaan tajwid dengan benar di depan kelas. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui penguasaan ilmu tajwid kelas IV di MINU Ngingas sebelum dan sesudah strategi Random Text digunakan. 2) Untuk mengetahui pengaruh strategi Random Text terhadap penguasaan ilmu tajwid peserta didik kelas IV di MINU Ngingas Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimen dengan menggunakan jenis Nonequivalent Control Group Design yaitu terdapat dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel terdiri dari 54 peserta didik dan teknik pengumpulan data melibatkan observasi, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan tes dilakukan tes sebelum perlakuan atau disebut dengan pre-test, dan tes sesudah perlakuan atau disebut dengan post-test yakni pada ranah kognitif dilakukan sebanyak satu kali pertemuan untuk mengetahui kestabilan nilai yang diperoleh dan peningkatan nilai peserta didik. Teknik dalam analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran soal, uji daya beda, uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Sebelum dilakukanya perlakuan pada kelas kontrol menunjukkan nilai rata-rata pre-test 56,30 dan post-test 69, 63, Sedangkan setelah dilakukanya perlakuan pada kelas eksperimen menunjukkan nilai rata-rata pretest 62,22 dan postest 81,67. 2) Hasil uji normalitas dengan signifikasi 0,200 > 0,05. Hasil uji homogenitas signifikasi 0,673 > 0,05 dan hasil uji-t dengan signifikasi (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya signifikasinya lebih kecil 0,05 dimana H0 ditolak, sehingga strategi Random Text berpengaruh positif terhadap penguasaan ilmu tajwid peserta didik kelas IV di MINU Ngingas Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Artiani, Farah Ibtida Nurfarahibtida5@gmail.com06040720075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@gmail.com2001086501
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2010097301
Subjects: Metode Pembelajaran
Al Qur'an
Hadis
Keywords: Strategi Random Text; Penguasaan; Ilmu Tajwid.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Farah Ibtida Nur Artiani
Date Deposited: 06 Jun 2024 03:52
Last Modified: 06 Jun 2024 03:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70417

Actions (login required)

View Item View Item