Pengaruh media Al Mufradat Al Takamuliyyah terhadap keterampilan menulis Bahasa Arab siswa kelas IV MINU Ngingas Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afi, Dewi Afidatul (2024) Pengaruh media Al Mufradat Al Takamuliyyah terhadap keterampilan menulis Bahasa Arab siswa kelas IV MINU Ngingas Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Afidatul Afi_06040720070 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Dewi Afidatul Afi_06040720070 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 June 2027.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas IV di MINU Ngingas Sidoarjo yang masih terbilang rendah, dikarenakan lebih dominannya pembelajaran pada keterampilan mendengar dan membaca daripada pembiasaan pembelajaran keterampilan menulis bahasa arab khususnya saat menyusun kata acak menjadi kalimat dan membuat kalimat dalam bahasa arab. Selain itu, minimnya penggunaan media dalam pembelajaran bahasa Arab.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media al-mufradat al-takamuliyyah terhadap keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas IV MINU Ngingas Sidoarjo tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis metode yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VI MINU Ngingas Sidoarjo dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas eksperimen (IVA) dan kelas kontrol (IVB). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes praktik, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji N-Gain.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pretest pada kelas eksperimen sebesar 60,86, sedangkan kelas kontrol sebesar 60,54. Rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 86,68, sedangkan kelas kontrol sebesar 75,57. Dari hasil uji Independent Sample T-test diperoleh nilai sig (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak H1 diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada penggunaan media al-mufradat al-takamuliyyah terhadap keterampilan menulis bahasa arab pada tema anggota keluarga di kelas IV MINU Ngingas Sidoarjo. Hasil perhitungan N-Gain keterampilan menulis siswa pada kelas eksperimen sebesar 69,81(kategori cukup berpengaruh) dan kelas kontrol sebesar 41,5 (kategori kurang berpengaruh).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afi, Dewi Afidatuldewiafidatulafi05@gmail.com06040720070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsa.ac.id2002027303
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinsihabudin@uinsby.ac.id2020027701
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Media Al-Mufradat Al-Takamuliyyah; Keterampilan Menulis; Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dewi Afidatul Afi
Date Deposited: 06 Jun 2024 07:34
Last Modified: 06 Jun 2024 07:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70426

Actions (login required)

View Item View Item