Pengaruh metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV MIN 1 Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraini, Refi Mariska (2024) Pengaruh metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV MIN 1 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Refi Mariska Anggraini_06020720044 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 June 2027.

Download (12MB)
[img] Text
Refi Mariska Anggraini_06020720044.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV di MIN 1 Lamongan yang tergolong rendah, terlihat dari kurangnya keterampilan bertanya dan mengomunikasikan pengetahuan selama proses pembelajaran. Hal ini berdampak pada kemampuan peserta didik dalam menyampaikan pemikiran secara kritis menjadi terbatas. Akibatnya, peserta didik cenderung kurang aktif dalam menyelesaikan soal yang memerlukan kemampuan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi perubahan bentuk energi mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis metode yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain non-equivalent control group desain. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 1 Lamongan dengan menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas eksperimen (IVA) dan kelas kontrol (IVB). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes essay atau uraian, observasi, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji statistik deskriptif, uji statistik inferensial, dan uji hipotesis. Uji statistik inferensial terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan uji hipotesis terdiri dari uji-t dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 56,61, sedangkan kelas kontrol sebesar 50,21. Rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 85,25, sedangkan kelas kontrol 62,29. Dari hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai sig (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak H1 diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode PQ4R terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPA materi perubahan bentuk energi. Hasil perhitungan N-Gain kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 0,67 (kategori sedang) dan kelas kontrol sebesar 0,24 (kategori rendah).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraini, Refi Mariskarefianggraini02@gmail.com06020720044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Radensyaifuddinraden450@gmail.com2007047501
Thesis advisorErfansyah, Nasrul Fuaderfansyah@uinsby.ac.id2128058301
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review); kemampuan berpikir; mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Refi Mariska Anggraini
Date Deposited: 06 Jun 2024 06:58
Last Modified: 06 Jun 2024 06:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70433

Actions (login required)

View Item View Item