Implementasi manajemen akreditasi madrasah di Madrasah Aliyah Negeri Kota Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fiamanillah, Nisa' (2024) Implementasi manajemen akreditasi madrasah di Madrasah Aliyah Negeri Kota Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nisa' Fiamanillah_06010320013 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nisa' Fiamanillah_06010320013 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 June 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa tentang implementasi manajemen akreditasi madrasah, dan faktor pendukung dan penghambat manajemen akreditasi madrasah di Madrasah Aliyah Negeri Kota Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian terdiri dari Kepala Madrasah, Waka madrasah, Tim akreditasi madrasah, serta guru madrasah. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan kesimpulan hasil pengumpulan data menggunakan kriteria keabsahan data yang terdiri dari credibility, transferability, dependability, confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen akreditasi madrasah terdiri dari 1) Perencanaan manajemen akreditasi madrasah menggunakan tujuh tahapan berdasarkan hasil Evaluasi Diri Madrasah (EDM), yang dituangkan dalam Rencana Kerja madrasah (RKM) dengan tujuan untuk mempermudah dalam memahami kebutuhan akreditasi madrasah 2) Pengorganisasian manajemen akreditasi dilakukan dengan membentuk struktur organisasi oleh Kepala Madrasah berdasarkan (job specification) sesuai dengan komponen instrumen akreditasi madrasah 3) Pelaksanaan manajemen akreditasi madrasah, tercermin pada serangkaian tindakan, termasuk mengkoordinir tim akreditasi madrasah, penetapan strategi, mekanisme kerja, serta mengkaji pemenuhan empat komponen akreditasi madrasah dengan kondisi rill madrasah sesuai dengan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020. 4) Proses pengawasan oleh Kepala Madrasah dalam mengukur efektivitas pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen, dengan cara membandingkan antara ketercapaian kinerja tim akreditasi madrasah dengan komponen akreditasi madrasah pada Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020. Sedangkan Faktor pendukung manajemen akreditasi di Madrasah Aliyah Negeri Kota Mojokerto terdiri dari, a) komunikasi yang efektif dalam setiap pelaksanaan kegiatan, b) partisipasi tenaga pendidik dan kependidikan dalam pemenuhan komponen akreditasi madrasah, c) peran kepala madrasah yang proaktif dalam memastikan bahwa seluruh elemen pendukung terintegrasi dengan baik, d) serta pemilihan strategi yang tepat dalam dengan mengacu pada Pedoman Operasional Standar (POS), Sedangkan faktor penghambatnya disebabkan karena, a) perubahan regulasi akreditasi madrasah, b) sarana dan prasarana madrasah yang kurang memadai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fiamanillah, Nisa'nisafiamanillah06010320013@gmail.com06010320013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Alialimustofa@uinsby.ac.id2025127601
Thesis advisorFauzi, Ahmadahmad.fauzi@uinsby.ac.id2025057904
Subjects: Manajemen Pendidikan
Manajemen dan organisasi sekolah
Keywords: Manajemen; akreditasi; madrasah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nisa' Fiamanillah
Date Deposited: 07 Jun 2024 01:33
Last Modified: 07 Jun 2024 01:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70474

Actions (login required)

View Item View Item