Strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam membangun loyalitas kinerja guru honorer di MIS As-Syafiiyah Sukoanyar Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istiqomah, Anisaul (2024) Strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam membangun loyalitas kinerja guru honorer di MIS As-Syafiiyah Sukoanyar Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anisaul Istiqomah_06040320071 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Anisaul Istiqomah_06040320071 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 June 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Membangun Loyalitas Kinerja Guru Honorer di MIS As-Syafiiyah Sukoanyar Lamongan. Bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai (1) Strategi kepemimpinan kepala madrasah di MIS As-Syafiiyah Sukoanyar Lamongan. (2) Membangun Loyalitas kinerja guru honorer di MIS As-Syafiiyah Sukoanyar Lamongan. (3) Implikasi strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam membangun loyalitas kinerja guru honorer di MIS As-Syafiiyah Sukoanyar Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian terdiri dari kepala madrasah, guru honorer, waka kurikulum, waka sarana prasarana, serta staf tata usaha. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan kesimpulan. Hasil pengumpulan data menggunakan kriteria keabsahan data yang terdiri dari credibility, transferability, dependability, confirmability. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa (1) Strategi kepemimpinan kepala madrasah di MIS As-Syafiiyah Sukoanyar Lamongan yaitu dengan menerapkan empat strategi yakni strategi bartering, building, binding, dan bonding.(2) Membangun Loyalitas kinerja guru honorer di MIS As-Syafiiyah Sukoanyar Lamongan dengan menggunakan ukuran loyalitas kinerja guru yang perlu diterapkan yakni kepatuhan, tanggung jawab, dedikasi, dan integritas. Serta (3) Implikasi strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam membangun loyalitas kinerja guru honorer di MIS As-Syafiiyah Sukoanyar Lamongan yakni dengan terbentuknya motivasi dan arahan kepada guru, terciptanya lingkungan kerja yang nyaman, terbentuknya penghargaan terhadap guru, terciptanya dukungan kegiatan pengembangan diri kepada guru, serta terbentuknya monitoring dan evaluasi yang sistematis terhadap hasil kinerja guru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istiqomah, Anisaulanisaulisti@gmail.com06040320071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMardiyah, Mardiyahummi.mardiyah@gmail.com2025076703
Thesis advisorSahudi, Sahudisahudi77.MS@gmail.com2012047702
Subjects: Manajemen Pendidikan
Kepemimpinan
Keywords: Strategi kepemimpinan kepala madrasah; membangun loyalitas kinerja guru honorer
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anisaul Istiqomah
Date Deposited: 07 Jun 2024 01:55
Last Modified: 07 Jun 2024 01:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70480

Actions (login required)

View Item View Item