Pengembangan pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan student teams achievement division untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi Asmaul Husna di SMP Insan Cendekia Mandiri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musthafa, Ali (2024) Pengembangan pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan student teams achievement division untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi Asmaul Husna di SMP Insan Cendekia Mandiri. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ali Musthafa_02040822063 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 May 2027.

Download (32MB)
[img] Text
Ali Musthafa_02040822063.pdf

Download (21MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan STAD untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini yaitu modul ajar dan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD). Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian pengembangan atau sering dikenal dengan sebutan Research and Development (R&D). Adapun proses pengembangan ditulis mengacu pada model 4D (Define, Design, Develop and Disseminate). Subjek penelitian ini yaitu 30 siswa kelas VII-B SMP Insan Cendekia Mandiri. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik catatan lapangan, teknik validasi, teknik angket dan teknik tes. Kemudian, data yang terkumpul dianalisis untuk menyimpulkan hasil penelitian ini. Adapun hasil penelitian ini meliputi: 1) Proses pengembangan pembelajaran mengacu pada model pengembangan 4D yang terdiri dari empat fase. Pada fase pendefinisian, peneliti telah menggali informasi mengenai kondisi pembelajaran, bahan ajar, gaya belajar siswa, rendahnya minat dan hasil belajar siswa kelas VII-B di SMP ICM pada materi Asmaul Husna (al-Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Basir). Pada fase perancangan, peneliti telah membuat instrumen angket minat belajar, lembar tes hasil belajar, lembar validasi, modul ajar, dan E-LKPD. Pada fase pengembangan, peneliti telah memvalidasikan, memperbaiki dan menyempurnakan produk pembelajaran yang terdiri dari modul ajar dan E-LKPD sesuai dengan saran perbaikan dari para validator. Pada fase penyebaran, peneliti telah melakukan pengemasan produk pembelajaran dengan cara menjadikannya file pdf yang kemudian diunggah ke google drive dan mencetaknya kemudian diberikan kepada guru di SMP ICM; serta 2) Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan STAD dinyatakan efektif yang ditandai dengan adanya peningkatan minat dan hasil belajar siswa secara signifikan setelah penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan STAD.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musthafa, Alialimusthafajemundi@gmail.com02040822063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifudin, Mokhamadmsyaifudin@gmail.com2013107303
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Teknologi
Keywords: Pembelajaran berdiferensiasi; pendekatan STAD; minat belajar; hasil belajar
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ali Musthafa
Date Deposited: 07 Jun 2024 07:38
Last Modified: 07 Jun 2024 07:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70496

Actions (login required)

View Item View Item