Perencanaan aspek teknis sistem pengelolaan sampah berbasis masyarakat: studi kasus Desa Baron, Kecamatan Baron, Kabupaten Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, Alfiadi Rahmana (2024) Perencanaan aspek teknis sistem pengelolaan sampah berbasis masyarakat: studi kasus Desa Baron, Kecamatan Baron, Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfiadi Rahmana Putra_09020520023 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 June 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Alfiadi Rahmana Putra_09020520023.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sampah menjadi isu serius di Kabupaten Nganjuk, dengan jumlah sampah yang tidak seimbang dengan fasilitas sanitasi yang terbatas. Rata-rata masyarakat Desa Baron masih menggunakan sistem pembakaran terbuka sebagai pengolahan sampah dari sumber dan ada sebagaian masyakarat yang masih membuang sampah diselokan yang mengakibatkan sering terjadinya banjir. Pengelolaan sampah berbasis masyarakat seperti program Bank Sampah, dapat menjadi solusi efektif untuk mengurangi dampak lingkungan. Berdasarkan hal tersebut, perencanaan Aspek Teknis sistem pengelolaan sampah berbasis masyarakat di Desa Baron, Kabupaten Nganjuk, menjadi langkah penting untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui timbulan, densitas serta komposisi sampah yang dihasilkan dan untuk merencanakan sistem pengelolaan sampah berbasis masyarakat di wilayah Desa Baron, Kecamatan Baron, Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini dimulai pada Bulan November 2023 sampai Februari 2024. Metode yang digunakan untuk pengambilan data menggunakan SNI 19-3964-1994 sebagai acuan mengukur timbulan, komposisi, serta densitas sampah, lalu untuk perhitungan jumlah responden kusioner menggunakan metode kriecj morgan. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini ialah data primer titik lokasi sampling, hasil kusioner, hasil sampling timbulan, komposisi serta densitas sampah, dan kondisi eksisting dan data sekunder yaitu literatur yang berkaitan dengan perencanaan, peta lokasi perencanaan dan profil Desa Baron dan jumlah penduduk. Densitas rata-rata sampah di Desa Baron, Kecamatan Baron, Kabupaten Nganjuk bervariasi, dengan nilai tertinggi terjadi di pertokoan sebesar 78,504 kg/m3. Timbulan sampah rata-rata perumahan dan non perumahan adalah sekitar 1,34 liter/orang/hari atau 0,24 kg/orang/hari, dengan komposisi utama adalah sampah organik sebesar 75%. Pewadahan sampah di Desa Baron direncanakan secara individu, dengan tiap rumah memiliki minimal 2 wadah sampah berukuran 20 Liter berbahan plastik untuk organik dan anorganik. Wadah untuk perkantoran berukuran 30 Liter, sedangkan untuk fasilitas ibadah dan pertokoan berukuran 60 Liter. Sistem pengumpulan menggunakan gerobak motor roda tiga, dengan total 7 gerobak dan ritasi pengumpulan 2 kali per cluster per hari, dengan muatan sebesar 1,25 m3 berbahan besi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, Alfiadi RahmanaAlfiadiputra8@gmail.com09020520023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAuvaria, Shinfi Waznashinfiwazna@uinsby.ac.id2028038601
Thesis advisorUtama, Teguh Tarunautama.teguh87@uinsby.ac.id2002058704
Subjects: Daur Ulang
Pengabdian Masyarakat
Teknik Lingkungan
Keywords: Masyarakat; pengelolaan; pengumpulan; perencanaan; pewadahan sampah
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Alfiadi Rahmana Putra
Date Deposited: 11 Jun 2024 02:10
Last Modified: 11 Jun 2024 02:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70523

Actions (login required)

View Item View Item