Qualitative risk assessment dalam analisis risiko implementasi program internet desa mandiri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pramesti, Wanda Alifiyah (2024) Qualitative risk assessment dalam analisis risiko implementasi program internet desa mandiri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wanda Alifiyah Pramesti_09040620068 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 June 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Wanda Alifiyah Pramesti_09040620068.pdf

Download (5MB)

Abstract

Dampak pandemi COVID-19 mendorong kebutuhan konektivitas internet yang cepat dan terjangkau di lingkungan masyarakat. BUMDes Bangun Karya Desa Seduri merespons dengan meluncurkan program inovatif “Program Internet Desa Mandiri” untuk membantu masyarakat tetap terhubung dan menjalankan roda perekonomian. Meskipun program ini memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, program yang dirancang dengan baik juga memiliki potensi risiko yang dapat mengancam keberlanjutannya. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini dilakukan untuk menganalisis risiko dan merancang mitigasi menggunakan Metode Qualitative Risk Assessment dan melibatkan perhitungan Risk Priority Number (RPN) dari metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) sebagai pendukung hasil analisis risiko pada implementasi program ini. Hasil penelitian menunjukkan 19 risiko yang diklasifikasikan dari hasil analisis Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats (SWOT) menjadi 4 aspek yaitu kebijakan, finansial, sumber daya, dan aset teknologi. Ditemukan 2 risiko very low, 8 risiko low, 4 risiko medium, 3 risiko high, dan 2 risiko very high. Rancangan strategi mitigasi perlu diperhatikan untuk mengurangi dampak negatif risiko dan mempertahankan keberlanjutan program. Dengan demikian, implementasi manajemen risiko dapat digunakan dengan baik untuk keberlanjutan program dalam mengelola risiko dengan proaktif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pramesti, Wanda Alifiyahwandalifiyah@gmail.com09040620068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAmrozi, Yusufyusuf.amrozi@uinsby.ac.id2003077601
Thesis advisorAnanto, Prasasti Karunia Faristaprasasti.ananto@uinsby.ac.id2004079701
Subjects: Pengabdian Masyarakat
Teknologi
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Qualitative risk assessment; analisis risiko; internet; desa mandiri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Wanda Alifiyah Pramesti
Date Deposited: 11 Jun 2024 07:10
Last Modified: 11 Jun 2024 07:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70567

Actions (login required)

View Item View Item