Analisis tingkat penerimaan aplikasi perplexity dalam penyusunan tugas akhir mahasiswa UIN Sunan Ampel menggunakan metode modified Technology Acceptance Model (TAM)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadiya, Khoirun (2024) Analisis tingkat penerimaan aplikasi perplexity dalam penyusunan tugas akhir mahasiswa UIN Sunan Ampel menggunakan metode modified Technology Acceptance Model (TAM). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoirun Nadiya_09020620029 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 June 2027.

Download (8MB)
[img] Text
Khoirun Nadiya_09020620029.pdf

Download (7MB)

Abstract

Artificial Intelligence (AI) adalah suatu ilmu yang mensimulasikan perilaku cerdas manusia melalui perangkat komputer sebagai alat untuk pembelajaran dan pengambilan keputusan. Perkembangan AI yang semakin pesat membuat perusahaan-perusahaan besar seperti Google dan Microsoft telah berkomitmen untuk menerapkan AI ke berbagai bidang. Saat ini, AI telah diterapkan secara meluas di berbagai bidang salah satunya adalah bidang pendidikan. Penerapan AI di bidang pendidikan membawa dampak positif yaitu mewujudkan peluang terjadinya reformasi proses belajar mengajar. Selain itu, AI juga dapat digunakan dalam membantu mahasiswa ketika menyusun tugas akhir. Salah satu aplikasi AI berbasis chatbot yang banyak digunakan adalah Perplexity. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh tingkat penerimaan Aplikasi Perplexity pada mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teori Modified Technology Acceptance Model (TAM) digunakan sebagai rujukan untuk model penelitian. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner melalui Google form dan didapatkan 102 responden. SEM-PLS digunakan sebagai teknik pengujian model yang dilakukan dengan Software SmartPLS. Hasil pengujian menunjukkan bahwa dari dua belas hipotesis, terdapat lima hipotesis ditolak dan tujuh lainnya diterima. Hipotesis yang ditolak diantaranya adalah perceived usefulness, enabling environment, subjective norm berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap behavioral intention, perceived ease of use berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap behavioral intention, subjective norm berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap perceived usefulness.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadiya, Khoirunkhoirunnadiya4@gmail.com09020620029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIlham, Ilhamilham@uinsby.ac.id0708118003
Thesis advisorAmrozi, Yusufyusuf.amrozi@uinsby.ac.id2003077601
Subjects: Internet
Manajemen Informasi
Pendidikan
Keywords: Modified TAM; tingkat penerimaan; perplexity; SEM-PLS; SmartPLS
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Khoirun Nadiya .
Date Deposited: 11 Jun 2024 06:55
Last Modified: 11 Jun 2024 06:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70576

Actions (login required)

View Item View Item