Analisis kurikulum pendidikan agama islam dalam mengembangkan critical thinking peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMAN 15 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifin, Muhammad Zainul (2024) Analisis kurikulum pendidikan agama islam dalam mengembangkan critical thinking peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMAN 15 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Zainul Arifin_06020120044 OK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Muhammad Zainul Arifin_06020120044 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 June 2027.

Download (3MB)

Abstract

Critical Thinking atau berpikir kritis merupakan kemampuan untuk menganalisis, menginterpretasikan, dan mengevaluasi informasi secara sistematis dan rasional. Berpikir kritis juga untuk mengenali asumsi-asumsi yang mendasari pemikiran, menilai kebenaran, dan membuat kesimpulan yang berbasis bukti. Berpikir kritis melibatkan proses pemikiran yang mendalam dan reflektif untuk menghasilkan penilaian yang cermat dan logis. Sekolah berusaha menjadikan para peserta didiknya untuk selalu berpikir kritis dalam setiap menjalankan ataupun mempelajari materi apa yang telah disampaikan oleh gurunya, khususnya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Oleh karena itu, permasalahan dari penelitian ini yaitu bagaimana kurikulum Pendidikan Agama Islam dapat mengembangkan critical thinking. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana kurikulum pendidikan agama Islam dirancang untuk mengembangkan critical thinking peserta didik, 2) Bagaimana implementasi kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam mencapai critical thinking peserta didik, 3) Bagaimana evaluasi kurikulum Pendidikan Agama Islam untuk mengembangkan kemampuan critical thinking peserta didik di SMAN 15 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi dengan sumber data yaitu informan dan dokumentasi yang sesuai. Analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, dan pemaparan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Untuk mengembangkan critical thinking yang harus disiapkan yaitu mulai dari perencanaan atau rancangan dari tujuan pembelajaran, materi yang diajarkan, strategi yang digunakan, metode pembelajaran yang digunakan, dan karakteristik para peserta didiknya. 2) Implementasi pengembangan critical thinking pada peserta didik yaitu dengan pembelajaran berbasis masalah atau dengan studi kasus pada setiap materi yang di ajarkan. 3) Evaluasi untuk mengembangkan critical thinking yaitu ada 2 yaitu evaluasi formatif dan evaluasi sumatif yang mana evaluasi formatif sama halnya dengan evaluasi tingkat guru sedangkan evaluasi sumatif tingkat sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifin, Muhammad Zainulrizkimustofa56@gmail.com06020120044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhri, Achmad Muhibinamizuhri@uinsa.ac.id2011077202
Thesis advisorRubaidi, Rubaidirubaidi@uinsby.ac.id2010067101
Subjects: Agama
Islam
Kurikulum
Pendidikan
Keywords: Critical Thinking; Kurikulum; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Zainul Arifin
Date Deposited: 14 Jun 2024 01:20
Last Modified: 14 Jun 2024 01:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70596

Actions (login required)

View Item View Item