Pembentukan karakter religius peserta didik melalui program MDT (Madrasah Diniyah Takmiliyah) di SMPN 2 Kota Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afiq, Mochamad Fachrul (2024) Pembentukan karakter religius peserta didik melalui program MDT (Madrasah Diniyah Takmiliyah) di SMPN 2 Kota Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochamad Fachrul Afiq_06040120087.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Mochamad Fachrul Afiq_06040120087_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 June 2027.

Download (7MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah banyaknya kenakalan remaja di era keterbukaan informasi saat ini yang berdampak pada karakter Peserta Didik. Sebagai salah satu solusi, pemerintah kota Mojokerto mencetuskan program pendidikan nonformal keagamaan yakni madrasah diniyah takmiliyah di sekolah mulai dari jenjang PAUD hingga SMA/SMK untuk membentengi generasi muda dan juga poin plus nya dapat dijadikan program dalam membentuk karakter religious Peserta Didik. Dapat diasumsikan bahwa rendahnya spiritual anak maka akan tinggi tingkat kenakalannya. Disinilah program keagamaan ini membawa dampak baik untuk membentuk karakter religious Peserta Didik. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menganalisis karakter religious Peserta Didik di SMPN 2 Kota Mojokerto. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan program MDT (Madrasah Diniyah Takmiliyah) di SMPN 2 Kota Mojokerto. (3) Untuk menganalisis pembentukan karakter religious Peserta Didik melalui program MDT (Madrasah Diniyah Takmiliyah) di SMPN 2 Kota Mojokerto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (fild research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang mana bersifat deskriptif dan mengambil objek SMPN 2 Kota Mojokerto. Teknik dalam pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Koordinator madrasah diniyah takmiliyah, ustadz/ustadzah madrasah diniyah takmiliyah, guru-guru lain, serta beberapa Peserta Didik dan siswi SMPN 2 Kota Mojokerto. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: (1) Karakter religious Peserta Didik di SMPN 2 kota Mojokerto adalah bertaqwa kepada Allah Swt; membaca Al-Qur’an dan selalu berdoa; sopan, santun, dan ramah; kejujuran; disiplin; peduli lingkungan; serta cinta ilmu. (2) Pelaksanaan program MDT (Madrasah Diniyah Takmiliyah) di SMPN 2 Kota Mojokerto ini menggunakan kurikulum lokal, kegiatannya dilakukan setiap hari selasa dan kamis (13.00-14.00 WIB) dengan mendatangkan ustadz/ustadzah dari luar sekolah, metode pembelajaran disesuaikan dengan kapasitas ustadz/ustadzah masing-masing tetapi tetap sesuai dengan tujuan dari program MDT. Terdapat kegiatan pendukung (keteladanan dan pembiasaan) dan juga evaluasi/monitoring yang bertujuan memantau perkembangan guru dan peserta didik. (3) Pembentukan karakter religious Peserta Didik melalui program MDT (Madrasah Diniyah Takmiliyah) di SMPN 2 Kota Mojokerto dilakukan melalui proses pembelajaran, keteladanan, dan pembiasaan. Faktor prndukungnya adalah pemerintah kota, lingkungan sekolah, dan orangtua. Adapun faktor penghambatnya adalah sebagian walimurid, kemajuan IPTEK dan prasarana. Kata Kunci: Pembentukan, Karakter Religius, Program Madrasah Diniyah Takmiliyah

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afiq, Mochamad Fachrulfachrulafiq99@gmail.com06040120087
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Aliali.masud@uinsby.ac.id2023016301
Thesis advisorRidwan, Auliyaaridwan@uinsby.ac.id2011058502
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Pembentukan; karakter religius; program Madrasah Diniyah Takmiliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mochamad Fachrul Afiq
Date Deposited: 12 Jun 2024 07:30
Last Modified: 12 Jun 2024 07:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70615

Actions (login required)

View Item View Item