Peningkatan kemampuan menjelaskan ketentuan puasa Ramadhan dengan menggunakan strategi Everyone Is A Teacher Here bagi siswa kelas III MI Al Huda Tanggulangin Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mazidah, Lailiyatul (2016) Peningkatan kemampuan menjelaskan ketentuan puasa Ramadhan dengan menggunakan strategi Everyone Is A Teacher Here bagi siswa kelas III MI Al Huda Tanggulangin Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran Fiqih materi ketentuan puasa Ramadhan, guru sering menggunakan dengan pendekatan tradisional, Guru menggunakan metode konvensional sehingga peserta didik kurang tertarik dan merasa bosan khususnya dalam pengajaran agama. Siswa belum diarahkan sendiri untuk memahami sendiri tentang makna dan nilai – nilai spiritual yang sedang dipelajari. Adapun permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana penerapan strategi Everyone Is A Teacher Here pada mata pelajaran fikih materi Puasa Ramadhan kelas III MI Al Huda Tanggulangin, Sidoarjo? 2) Bagaimana peningkatan kemampuan menjelaskan siswa kelas III MI Al Huda Tanggulangin, Sidoarjo pada pembelajaran fikih materi puasa ramadhan melalui strategi Everyone Is A Teacher Here? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui penerapan strategi Everyone Is A Teacher Here pada mata pelajaran fikih materi Puasa Ramadhan kelas III MI Al Huda Tanggulangin, Sidoarjo. 2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan menjelaskan siswa kelas III MI Al Huda Tanggulangin, Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Classsroom Action Research) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan (planning), aksi atau tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III di MI Al Huda Tanggulangin Sidoarjo. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu tes (pre-test dan post test). Dari hasil analisis didapatkan bahwa ketuntasan belajar siswa dalam kemampuan menjelaskan mengalami peningkatan dari sebelum diadakan test yang menggunakan strategi Everyone Is A Teacher Here, dimana rata – rata hasil belajar siswa sebesar 63 dan rata – rata skor perolehan kemampuan menjelaskan pada setiap indikator menjelaskan sebesar 60. Sedangkan dalam siklus 1 (setelah dilakukannya tes dengan penerapan strategi Everyone Is A Teacher Here) nilai hasil belajar siswa yaitu 78 rata – rata skor perolehan kemampuan menjelaskan pada setiap indikator menjelaskan sebesar 74 serta pada siklus II hasil belajar siswa dalam menjelaskan ketentuan – ketentuan puasa Ramdhan meningkat menjadi 88 sedangkan perolehan nilai kemampuan menjelaskan pada setiap indikator menjelaskan sebesar 85menunjukkan bahwa melebihi KKM yaitu 70.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mazidah, Lailiyatulqitrotun@gmail.comD07212014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBadaruddin, Badaruddin--195304011981031002
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Kemampuan Menjelaskan Ketentuan Puasa Ramadhan; Fikih
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: risalul um risalul ummah risalul ummah
Date Deposited: 28 Jun 2016 03:31
Last Modified: 09 Dec 2019 08:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7062

Actions (login required)

View Item View Item