Peningkatan motorik halus melalui membatik ecoprint pada anak usia 4-5 tahun di TK Unggulan an-Nur Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadani, Titania Galuh (2024) Peningkatan motorik halus melalui membatik ecoprint pada anak usia 4-5 tahun di TK Unggulan an-Nur Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Titania Galuh Ramadani_06020920041 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 June 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Titania Galuh Ramadani_06020920041.pdf

Download (3MB)

Abstract

Berawal dari belum berkembangnya motorik halus siswa usia 4-5 tahun di TK Unggulan An-Nur Surabaya. Hal tersebut disebabkan media yang digunakan dalam pembelajaran tidak bervariasi. Dikarenakan media yang belum bervariatif tersebut membuat kurangnya minat siswa dalam pembelajaran di kelas. Permasalahan tersebut yang melatar belakangi penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan membatik ecoprint dalam meningkatkan motorik halus serta bagaimana peningkatan motorik halusnya setelah menggunakan media membatik ecoprint kelompok A TK Unggulan An-Nur Surabaya. Metode yang dipakai adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan data yang diperoleh adalah data kualitatif berupa hasil observasi aktivitas guru dan siswa, dan data kuantitatif yaitu nilai ketuntasan belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, unjuk kerja, dan dokumentasi. PTK ini menggunakan model spiral oleh Kemmis & Mc Toggart. Dalam tindakan yang dilakukan terdapat 2 siklus yang mana tiap siklusnya terdapat 4 tindakan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian yang diperoleh adalah: (1) Penerapan membatik ecoprint dapat meningkatkan motorik halus. Hal tersebut dapat dilihat dari observasi aktivitas guru pada siklus I dengan nilai 45 dan siklus II 55. (2) Peningkatan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I 44 meningkat menjadi 52 pada siklus II. Lalu terdapat peningkatan pada motorik halus siswa melalui membatik ecoprint, hal tersebut dibuktikan pada siklus I ketuntasan belajar yang mencapai 54,5% (MB) dan nilai ketuntasan pada siklus II meningkat menjadi 81,8% (BSH).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadani, Titania GaluhTitania.gr06@gmail.com06020920041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawir@uinsby.ac.id2001086501
Thesis advisorErfansyah, Nasrul Fuaderfansyah@uinsby.ac.id2128058301
Subjects: Guru
Minat Siswa
Budaya
Keywords: Peningkatan; motorik halus; membatik ecoprint
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Titania Galuh Ramadani
Date Deposited: 14 Jun 2024 07:01
Last Modified: 14 Jun 2024 07:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70639

Actions (login required)

View Item View Item