Efektivitas penerapan model pembelajaran two stay two stray dalam meningkatkan motivasi belajar PAI dan budi pekerti kelas XI SMAN 1 Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aulia, Rizka Putri (2024) Efektivitas penerapan model pembelajaran two stay two stray dalam meningkatkan motivasi belajar PAI dan budi pekerti kelas XI SMAN 1 Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizka Putri Aulia_06040120101.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Rizka Putri Aulia_06040120101_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 June 2027.

Download (9MB)

Abstract

Model pembelajaran yang kurang bervariatif menyebabkan motivasi belajar siswa kurang. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui; 1) Penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti pada peserta didik kelas XI di SMAN 1 Taman Sidoarjo. 2) Motivasi Belajar PAI dan Budi Pekerti sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS). 3) Efektivitas penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dalam meningkatkan motivasi belajar PAI dan Budi Pekerti peserta didik kelas XI di SMAN 1 Taman Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan ialah metode eksperimen dengan jenis Quasi Experimental Control Group Design. Populasi penelitian ini berjumlah 384 orang peserta didik dengan jumlah sampel 70 orang peserta didik. Purposive sampling merupakan teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data tersebut diolah dengan analisis deskriptif dan parametrik. Hasil pada penelitian ini menyatakan bahwa; 1) Penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo terlaksana dengan sangat baik dibuktikan dengan lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. 2) Motivasi Belajar PAI dan Budi Pekerti sebelum penerapan model pembelajaran TSTS menunjukkan rata-rata 63,64 dengan persentase 79% kategori kuat sedangkan setelah penerapan model pembelajaran TSTS menunjukkan rata-rata 79,4 dengan persentase 80% kategori kuat. 3) Penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray efektiv dalam meningkatkan motivasi belajar PAI dan Budi Pekerti siswa kelas XI di SMAN 1 Taman Sidoarjo, dibuktikan dengan hasil t-test nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,005. Nilai tersebut menunjukkan kurang dari 0,05 pada taraf signifikansi sehingga Ha diterima dan H0 ditolak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aulia, Rizka Putririzkaaulia053@gmail.com06040120101
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Muhammadmuhammadfahmi@uinsby.ac.id2106087701
Thesis advisorHunaida, Wiwin Luqnawiwinluqna@uinsby.ac.id2002077402
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Model pembelajaran; two stay two stray; motivasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizka Putri Aulia
Date Deposited: 26 Jun 2024 01:33
Last Modified: 26 Jun 2024 01:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70643

Actions (login required)

View Item View Item