Analisis nilai moral dalam buku cerita fabel The Jungle Book serta relevansinya dengan profil pelajar Pancasila

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hapsari, Mutiarizki (2024) Analisis nilai moral dalam buku cerita fabel The Jungle Book serta relevansinya dengan profil pelajar Pancasila. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mutiarizki Hapsari_06020720037.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Mutiarizki Hapsari_06020720037_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 June 2027.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah minimnya implementasi nilai profil pelajar Pancasila pada anak usia sekolah dasar yang bermuara pada berbagai kasus seperti perundungan dan kekerasan pada anak. Hal ini diperlukan suatu role model peserta didik dalam beretika sesuai dengan profil pelajar Pancasila. Nilai profil pelajar Pancasila dapat diimplementasikan di berbagai sumber pembelajaran bagi peserta didik, termasuk dalam bentuk literasi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui nilai moral yang terdapat dalam bagian cerita “Mowgli Si Anak Rimba” dan “Nyanyian Singa Laut Putih” pada buku cerita fabel The Jungle Book, 2) Mengetahui relevansi nilai moral yang terdapat dalam bagian cerita “Mowgli Si Anak Rimba” dan “Nyanyian Singa Laut Putih” pada buku cerita fabel The Jungle Book dan profil pelajar Pancasila. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian kepustakaan memanfaatkan sumber referensi berupa artikel jurnal, buku, serta laporan penelitian terdahulu. Teknik pengumpulan data terdiri dari data literatur primer dan sekunder yang diolah dengan teknik editing, organizing, dan results finding. Analisis data yang digunakan adalah analisis isi dengan menentukan simbol, mengklasifikasi data, dan menganalisis data yang disajikan serta menarik kesimpulan yang tepat. Analisis data menunjukkan bahwa terdapat persentase nilai moral dalam buku cerita fabel The Jungle Book dalam bagian cerita “Mowgli Si Anak Rimba” dan “Nyanyian Singa Laut Putih”, yakni: 33% untuk mandiri, 28% bergotong royong, 22% berkebhinnekaan global dan bernalar kritis, 17% beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, serta 11% kreatif. Relevansi nilai profil pelajar Pancasila dalam cerita fabel di buku The Jungle Book dalam kedua cerita fabel “Mowgli Si Anak Rimba” dan “Nyanyian Singa Laut Putih” dengan indikator profil pelajar Pancasila, yaitu: beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia relevan dengan aspek jujur dan berintegritas; berkebhinnekaan global relevan dengan aspek toleransi dan nilai autentik diri; bergotong royong relevan dengan aspek kerja sama dan rendah hati; mandiri relevan dengan aspek refleksi diri dan mandiri; bernalar kritis dan kreatif yang relevan dengan aspek keluwesan berpikir dan kreatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hapsari, Mutiarizkimutiahapsari16@gmail.com06020720037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChasanah, Uswatunuswatunchasanah@uinsby.ac.id89878786
Thesis advisorFarisia, Hernikhernikfarisia@uinsby.ac.id2008088301
Subjects: Anak
Pancasila
Buku > Buku bacaan -- Buku terpilih
Keywords: Nilai moral; profil pelajar Pancasila; The Jungle Book
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiarizki Hapsari
Date Deposited: 19 Jun 2024 04:31
Last Modified: 19 Jun 2024 04:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70670

Actions (login required)

View Item View Item