Pengaruh media interaktif wordwall terhadap pemahaman kosa kata bahasa arab pada peserta didik MI darussalam Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Basyiroh, Laila alfin (2024) Pengaruh media interaktif wordwall terhadap pemahaman kosa kata bahasa arab pada peserta didik MI darussalam Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laila Alfin Basyiroh_06030720055 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Laila Alfin Basyiroh_06030720055 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 June 2027.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah kurang adanya media pembelajaran yang mendukung pembelajan dikelas, guru masih berpedoman pada buku LKS, pembelajaran masih berpusat pada guru, yaitu siswa menirukan bacaan guru, kemudian mengartikan kosa kata dan menuliskanya di buku. Permsalahan ini berpengaruh terhadap pemahaman kosa kata bahasa Arab peserta didik kelas V. Oleh karena itu, peneliti melakukan usaha perbaikan pada pembelajaran kosa kata khususnya pada materi “ fil maqshof” melalui media interaktif Wordwall. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman kosa kata bahasa Arab peserta didik di MI Darussalam Sidoarjo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent pre-test post-test control group design. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, wawanacara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Analisis inferensial terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, uji statistika deskriptif kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 65,08 dan kelas kontrol memperoleh rata-rata sebesar 59,63. Kemampuan awal pemahaman kosa kata antara peserta didik kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan (Post-test) memperoleh nilai rata-rata yang berbeda. Berdasarkan uji statistika deskriptif kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 80,75 dan kelas kontrol memperoleh rata-rata sebesar 70,25. Setelah diberikan perlakuan berupa media interaktif Wordwall, pemahaman kosa kata peserta didik kelas eksperimen meningkat. Berdasarkan hasil uji independen sample t-test menunjukan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh yaitu Sig. (2-tailed) sebesar 0,003 atau sig. <0,005, sehingga media interaktif Wordwall signifikan berpengaruh terhadap pemahaman kosa kata bahasa Arab peserta didik MI Darussalam Sidoarjo. Oleh karena itu, Ho di tolak dan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Basyiroh, Laila alfinalvinbasiro@gmail.comUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsa.ac.id2002027303
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@gmail.com2001086501
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Media Interaktif Wordwall; Pemahaman Kosa Kata; Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Laila Basyiroh
Date Deposited: 19 Jun 2024 08:24
Last Modified: 19 Jun 2024 08:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70686

Actions (login required)

View Item View Item