Sultan Murad I: jejak pemimpin agung dalam sejarah dinasti Utsmani 1360-1389 M

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fawzia, Dwi Ratna (2024) Sultan Murad I: jejak pemimpin agung dalam sejarah dinasti Utsmani 1360-1389 M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Ratna Fawzia_03010220007 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 June 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Dwi Ratna Fawzia_03010220007.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Bagaimana riwayat hidup dari Sultan Murad I? (2) Bagaimana pola kepemimpinan transformatif Sultan Murad I pada tahun 1360-1389 M? (3) Bagaimana dampak kebijakan pada pola kepemimpinan Sultan Murad I selama masa pemerintahannya terhadap perkembangan Dinasti Utsmani? Untuk menjawab permasalahan tersebut penulis menggunakan metode sejarah (historis), yaitu suatu langkah merekonstruksi masa lampau secara sistematis dan objektif dengan cara mengumpulkan, mengkritik, dan menafsirkan data dalam rangka menegakkan fakta serta kesimpulan yang kuat. Penelitian ini menggunakan teori kepemimpinan Max Weber dan James McGregor Burns yang menjelaskan kepemimpinan transformatif. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan metode deskriptif naratif. Skripsi ini memiliki tiga kesimpulan, yang pertama, Sultan Murad I merupakan sosok pemimpin yang mewariskan kepemimpinan dari keluarganya meskipun tanpa persiapan khusus. Sultan Murad I naik tahta pada usia 36 tahun, menggantikan saudaranya yang meninggal. Kedua, Sultan Murad I menjalankan kepemimpinannya sebagai pemimpin transformatif. Pola kepemimpinan transformatif Sultan Murad I terlihat dalam berbagai aspek, ia berhasil menaklukkan Edirne, memperluas wilayah Utsmani, dan menjalin perjanjian dengan Bizantium. Sultan Murad I juga memimpin pasukannya melawan ekspedisi Salib dan membangun aliansi Balkan. Ketiga, kebijakan dari kepemimpinan transformatif Sultan Murad I membawa dampak yang signifikan terhadap perkembangan Dinasti Utsmani, diantaranya; dalam ranah militer, ia mereformasi struktur dan strategi, memperluas wilayah Dinasti Utsmani, dan membangun aliansi; dalam ranah pemerintahan, ia mendirikan institusi baru, meningkatkan sistem keuangan, dan membangun infrastruktur; di bidang pendidikan, ia mendukung pengembangan ilmu pengetahuan. Kesimpulannya, Sultan Murad I merupakan pemimpin transformatif yang membawa perubahan signifikan pada Dinasti Utsmani.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fawzia, Dwi Ratnaratnafawzia@gmail.com03010220007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMughni, Syafiq A.mughni54@yahoo.com2015065401
Thesis advisorJuma’, Juma’eden.jou@gmail.com2012018804
Subjects: Politik > Politik Islam
Sejarah Peradaban Islam
Kepemimpinan
Keywords: Sultan Murad I; kepemimpinan; transformatif; dinasti Utsmani
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Dwi Ratna Fawzia
Date Deposited: 21 Jun 2024 09:13
Last Modified: 28 Jun 2024 03:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70719

Actions (login required)

View Item View Item