Keluarga dan pengembangan program taḥfiẓ al-Qur’an metode Ummi di SDIT Multazam Pamekasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syarifah, Atiyatus (2024) Keluarga dan pengembangan program taḥfiẓ al-Qur’an metode Ummi di SDIT Multazam Pamekasan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Atiyatus Syarifah_02040822013 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 June 2027.

Download (6MB)
[img] Text
Atiyatus Syarifah_02040822013.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pendidikan berbasis keluarga dipercaya mampu memberikan efek positif dan inovatif dalam dunia pendidikan. Orang tua yang beragama Islam, saat ini cendenrung termotivasi mencetak anaknya menjadi generasi Qur’ani. Disayangkan tidak semua lembaga memberikan fasilitas dan pelayanan sesuai keinginan orang tua. Oleh karena itu, peneliti berusaha membantu keambiguan para orang tua dengan mengkaji Keluarga Dan Pengembangan program tahfiz al-Qur’an metode ummi di SDIT Multazam Pamekasan. Penelitian ini disusun dengan 3 rumusan masalah, diantaranya: Bagaimana Keluarga Dan Pengembangan program Taḥfiẓ al-Qur’an metode ummi di SDIT Multazam Pamekasan?, Bagaimana Komparasi Keluarga Dan Pengembangan program tahfiz al-Qur’an di lembaga ummi foundation dan SDIT Multazam Pamekasan?, Bagaimana Indikator Keberhasilan Keluarga dan Pengembangan program Taḥfiẓ al-Qur’an metode ummi di SDIT Multazam Pamekasan perspektif teori medan Kurt Lewin?.Penelitian ini menggunakan teori medan Kurt Lewin yang terkenal dengan teori lapangan. Merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan field research. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa Keluarga dan Pengembangan program tahfiz metode ummi hanya berfokus pada jasa seorang ibu, sedangkan di SDIT Multazam melipatkan seluruh anggota keluarga dalam proses pembelajaran anak. Model dan tahap pembelajaran tahfiz al-Qur’an di SDIT Multazam ideal dengan metode ummi, dengan adanya beberapa program tambahan untuk mendukung perkembangan peserta didik yakni finishing dan tasmi’ bi al-Ghaib. Peserta didik yang berhasil mencapai target hafalan, memiliki daya untuk melakukan perubahan karena tegangan positif dari orang tua/keluarganya, dan mampu menghadapi hambatan negatif. Sedangkan peserta didik yang belum mencapai target hafalan lebih condong menggerakkan daya terhadap hambatan negatif, sehingga tegangan positif melemah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syarifah, Atiyatusatiyasyarifah@gmail.com02040822013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRubaidi, Rubaidirubaidi@uinsby.ac.id2010067101
Thesis advisorZuhri, Achmad Muhibinamizuhri@uinsa.ac.id2011077202
Subjects: Al Qur'an
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Pendidikan berbasis keluarga; taḥfiẓ al-Qur’an; metode Ummi
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atiyatus Syarifah
Date Deposited: 28 Jun 2024 06:29
Last Modified: 28 Jun 2024 06:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70761

Actions (login required)

View Item View Item