Implementasi sholat dan dzikir terhadap peningkatan psychological well being pada mahasiswa baru pondok pesantren Al-Jihad Surabaya prespektif Carol Ryff

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, Muhammad Mas'udin Difana (2024) Implementasi sholat dan dzikir terhadap peningkatan psychological well being pada mahasiswa baru pondok pesantren Al-Jihad Surabaya prespektif Carol Ryff. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Mas'udin Difana Putra_07020620046 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Mas'udin Difana Putra_07020620046 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 June 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi sholat dan dzikir serta pengaruhnya terhadap peningkatan psychological well-being pada mahasiswa baru Pondok Pesantren Al-Jihad Surabaya dari perspektif Carol Ryff. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik sholat dan dzikir secara konsisten dapat memberikan dampak positif terhadap komponen Psychological Well-Being menurut model Carol Ryff, yang meliputi: penerimaan diri, hubungan positif dengan orang lain, otonomi, penguasaan lingkungan, tujuan hidup, dan pertumbuhan pribadi. Mahasiswa yang rutin melaksanakan sholat dan dzikir melaporkan adanya peningkatan dalam kemampuan mengelola emosi, mengembangkan hubungan sosial yang lebih baik, serta memiliki tujuan hidup yang lebih jelas. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan pentingnya pengintegrasian praktik spiritual seperti sholat dan dzikir dalam program kesejahteraan mental di lembaga pendidikan, khususnya di pondok pesantren. Hal ini dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis mahasiswa baru yang sedang beradaptasi dengan lingkungan pendidikan yang baru dan menantang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, Muhammad Mas'udin Difanamuhammaddifana@gmail.com07020620046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuktafi, Muktafimuktafisahal2@gmail.com2013086001
Subjects: Agama
Psikologi
Psikoterapi > Psikoterapi Islam
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Sholat; dzikir; psychological well-being; Carol Ryff; mahasiswa baru; Pondok Pesantren Al-Jihad.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Muhammad Mas'udin Difana Putra
Date Deposited: 24 Jun 2024 02:52
Last Modified: 24 Jun 2024 02:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70776

Actions (login required)

View Item View Item